PENGARUH PEMBERLAKUAN AREA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN DI INDONESIA (STUDI KASUS : DAMPAK PEMBERLAKUAN AREA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN TERHADDAP PERDAGANGAN BATIK PEKALONGAN KE ASIA TENGGARA TAHUN 2006-2007)

PUJI WIDYASTUTI (2009) PENGARUH PEMBERLAKUAN AREA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN DI INDONESIA (STUDI KASUS : DAMPAK PEMBERLAKUAN AREA PERDAGANGAN BEBAS ASEAN TERHADDAP PERDAGANGAN BATIK PEKALONGAN KE ASIA TENGGARA TAHUN 2006-2007). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Studi ini berusaha mendeskripsikan bagaimana pengaruh pemberlakuan area perdagangan bebas ASEAN di Indonesia. Untuk memperjelasnya maka di pilih study kasus tentang bagaimana pemberlakuan Area perdagangan bebas ASEAN ini memberikan pengaruh terhadap perdagangan Batik pekalongan ke Kawasan Asia Tenggara pada tahun 2006- 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara detail tentang apa dampak pemberlakuan area perdagangan bebas ASEAN terhadap perdagangan batik Pekalongan ke Asia Tenggara pada tahun 2006-2007. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari sumber-sumber yang dapat diamati dan menganalisa permasalahan dengan data tersebut. Sedangkan pengumpulan data untuk teknik penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan teknik penelitian kepustakaan atau library research dimana untuk mendapatkan data berasal dari literatur, jurnal, laporan penelitian, internet serta berbagai liputan yang ditampilkan dari majalah, surat kabar. Disamping itu penulis juga melakukan interview kepada para eksportir batik di Pekalongan juga kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Pekalongan. Hasil dari penelitian ini mempelihatkan bahwa dengan diberlakukanya area perdagangan bebas ASEAN memberikan peningkatan pada perdagangan batik Pekalongan ke Asia Tenggara. Hali ini terbukti dengan adanya peningkatan baik dari segi volume ekspor dan juga nilai ekspor produk batik tersebut. Hal ini dikarenakan dengan doberlakukanya area Perdagangan bebas ASEAN berarti juga berkurangnya hambatan baik yang bersifat tarif maupun non tarif bagi masuknya produk batik Pekalongan ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2022 03:08
Last Modified: 16 Jul 2022 03:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/10459

Actions (login required)

View Item
View Item