ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP OPINI AUDIT WAJAR TANPA PENGECUALIAN DENGAN PARAGRAF PENJELAS GOING CONCERN

ANINDITA SRI WIJAYANTI (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP OPINI AUDIT WAJAR TANPA PENGECUALIAN DENGAN PARAGRAF PENJELAS GOING CONCERN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Kemampuan suatu perusahaan untuk tetap dapat melangsungkan usahanya merupakan salah satu pertimbangan penting bagi pemakai laporan keuangan dalam mengambil keputusan ekonomi, seperti keputusan berinvestasi. Auditor sebagai perantara antara manajemen perusahaan dengan pemakai laporan keuangan mempunyai tanggungjawab untuk mengevaluasi apakah ada keraguan besar mengenai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh Return On Asset, Debt Ratio, Quick Ratio, Pertumbuhan Perusahaan, dan Reputasi KAP terhadap opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas going concern yang diberikan oleh auditor. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 309 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2005-2007. sampel tersebut dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan regresi logistik untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil regresi logistik menunjukkan bahwa Quick Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas going concern, sedangkan Return On Asset, Debt Ratio, Pertumbuhan Perusahaan, dan Reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap opini audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:22
Last Modified: 12 Jul 2022 06:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11050

Actions (login required)

View Item
View Item