Vicky Adetia Wulandari (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENGGUNAAN BUKU TEKS DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Vicky Adetia Wulandari, 2020. Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab dengan Penggunaan Buku Teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, proses pembelajaran di kelas tentunya tidak hanya melibatkan guru dan muridnya saja, tetapi harus ada perantara yang digunakan yaitu bahan ajar. Buku merupakan salah satu bahan ajar dan sumber belajar yang tidak dapat dilepaskan dalam sebuah pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, tahap-tahap, dan hasil analisis efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan penggunaan buku teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Qualitative Research. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Sampling Purposive. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan Angket. Untuk mempermudah dalam memperoleh hasil penelitian, peneliti akan menggunakan teknik triangulasi, sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa arab dengan penggunaan buku teks di kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah efektif. Hal ini bisa dilihat dari peranan guru mempengaruhi kualitas belajar peserta didik, guru mampu menggunakan buku teks dengan baik dan membuat suasana kelas menjadi efektif dari metode pengajarannya dan peserta didik begitu konsentrasi dan antusias selama pembelajaran di kelas. Guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari tahu kosa kata yang sulit. Keefektifan penggunaan buku teks ini juga dapat dilihat dari hasil evaluasi mereka. nilai rata-rata Pre-test pada kelas X MIPA 2 dengan jumlah siswa 29 adalah 66,8, dan nilai rata-rata post-test adalah 87. Sedangkan nilai rata-rata Pre- test pada kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa 30 adalah 62, dan nilai rata-rata post-test adalah 82,4. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan penggunaan buku teks di Kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sangat efektif.
Dosen Pembimbing: | ARIF HUMAINI, S.S., M.Hum | NIDN0506098001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:58 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 06:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |