TARMIZI (2011) PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR TAXIWAY DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAA (FEDERAL AVIATION ADMINISTRATION) (STUDI KASUS PADA TAXIWAY BANDAR UDARA ADISUTJIPTO, YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bandar udara (Airport) merupakan salah satu infrastruktur penting yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bandar udara (Airport) berfungsi sebagai simpul pergerakan penumpang atau barang dari transportasi udara ke transportasi darat lainnya atau sebaliknya. Taxiway merupakan jalur perkerasan yang berfungsi untuk menghubungkan landasan pacu (runway) dengan pelataran pesawat (apron), kandang pesawat (hangar), bangunan terminal dan fasilitas lainnya yang terdapat di Bandar udara atau sebaliknya. Tugas akhir ini bertujuan untuk merencanakan ulang tebal perkerasan lentur Taxiway dengan menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration).
Pada penelitian ini, metode khusus yang dipakai yaitu metode FAA. Adapun langkah-langkah dalam merancang dan merencanakan tebal perkerasan lentur dengan menggunakan metode FAA adalah sebagai berikut : menentukan CBR tanah dasar, membuat ramalan Annual departure dari tiap-tiap pesawat yang akan dilayani, menentukan pesawat rencana yaitu pesawat yang membutuhkan atau menghasilkan tebal perkerasan yang terbesar, menghitung Equivalent Annual Departure (EAD) selama umur rencana, menghitung beban satu roda main gear pesawat rencana, menghitung wheel load dari masingmasing pesawat yang akan ditinjau terhadap pesawat rencana, menghitung Equivalent Annual Departure (EAD) pesawat rencana, menentukan tebal perkerasan dengan menggunakan grafik rencana, menghitung tebal bagianbagian perkerasan.
Dari hasil analisa dapat diketahui ketebalan total perkerasan lentur. Ketebalan total perkerasan lentur adalah sebesar 30 inchi atau 77 cm. Ketebalan lapisan surface pada perkerasan lentur hanya 5 inchi atau 13 cm, lapisan base pada perkerasan lentur ketebalannya adalah sebesar 15 inchi atau 38 cm, dan pada lapisan subbase pada perkerasan lentur memiliki ketebalan sebesar 10 inchi atau 26 cm.
Dosen Pembimbing: | HERI ZULFIAR and SIGIT HARYANTO | NIDN0515026701, UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 04:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 04:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |