PENGARUH JUMLAH NASABAH DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PENYEDIAAN KAS PADA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA PERIODE 2008-2010

REVITA SARI (2011) PENGARUH JUMLAH NASABAH DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PENYEDIAAN KAS PADA BNI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA PERIODE 2008-2010. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia sangat pesat . ditandai dengan banyak bank-bank konvensional yang membuka unit-unit usha syariah. Semua ini membuat lembaga perbankan berlomba-lomba untuk menarik hati para investor untuk menyimpan dana nya. Sehingga oleh karena itu bank harus mampu menjaga kepercayaan nasabah. Dengan cara mengupayakan agar bank tersebut dalam kedaan likuid. Karena apabila suatu lembaga perbankan dalam keadaan illiquid maka dapat dipastikan bahwa tersebut tidak sehat. Likuid disini adalah memiliki sejumlah harta likuid yang salah satunya adalah kas Merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: bagaimana perkembangan likuiditas pada BNI Syariah cabang Yogyakarta dari tahun 2008-2010? apakah jumlah nasabah dan DPK berpengaruh terhadap penyediaan kas pada BNI Syariah?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan likuiditas pada BNI Syariah cabang Yogyakarta dari 2008-2010 serta untuk menganalisis pengaruh jumlah nasabah dan dana pihak ketiga (DPK) terhadap penyediaan kas. Metodologi penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka yang bersumber dari buku-buku yang membahas objek penelitian serta dokumentasi yang berkaitan tentang masalah objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari analisis perkembangan likuiditas serta analisis regresi berganda.

Hasil penelitian perkembangan jumlah kas dengan menggunakan rasio kas mengalami peningkatan serta penurunan pada tiap bulannya, rata-rata yang dimiliki kas sebesar 179 milyar. Untuk perkembangan jumlah nasabah nilai ratarata sebesar 28551 dan dana pihak ketiga nilai rata-ratanya sebesar 15 triliun. hasil regresi berganda diketahui jumlah nasabah tidak berpengaruh terhadap variabel penyediaan kas sedangkan dana pihak ketiga berpengaruh penyediaan kas pada BNI Syariah cabang Yogyakarta.

Kata kunci: Jumlah Nasabah, DPK, Likuiditas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: JMLAH NASABAH, DPK, LIKUIDITAS
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:38
Last Modified: 06 Jul 2022 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item
View Item