Alif Nugroho (2020) PEMBUATAN PROTOTIPE STANDAR TENGAH HIDROLIK ELEKTRIK ANTI MALING PADA SEPEDA MOTOR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada sistem hidrolik yang berperan sangat penting yaitu pompa, karena tanpa adanya pompa hidrolik tidak akan bekerja dengan maksimal. Pompa ini akan menggerakan fluida dari tempat yang bertekana rendah ke tempat yang bertekana lebih tinggi. Tujuan pembuatan alat ini yaitu untuk mempermudah mengangkat body motor pada saat menyetandar dua dan untuk mencegah pencurian sepeda motor. Hidrolik elektrik pada standar tengah sepeda motor dapat di buat secara otomatis dengan memodifikasi standar tengah yang awal mulanya manual di buat menjadi hidrolik elektrik. Pada sistem hidrolik elektrik yang di terapkan pada standar tengah sepeda motor ini, akan di control semua melalui control elektrik. Cara kerja dari sistem hidrolik elektrik pada sepeda motor ini yaitu ketika saklar terhubung ke batrai dan posisi on, fluida yang berada di reservoir tank keluar dan terdorong ke pompa hirolik dan masuk ke dalam pompa hidrolik. Setelah fluida melewati selang hidrolik fluida masuk ke dalam silinder hidrolik lalu mendorong piston sehingga terjadi gaya dorong atau tekanan. Pada sela komponen pompa hidrolik dan selang terdapat komponen selenoid valve yang berfungsi untuk membuka dan menutup katup-katup mekanis yang ada pada komponen hidrolik. Fluida yang telah masuk ke dalam silinder hidrolik dapat di sirkulasikan secara otomatis dan teratur oleh pompa hidrolik hingga fluida kembali lagi ke dalam reservoir tank.
Kata kunci: Prototipe Standar Tengah Hidrolik Anti Maling Pada Sepeda Motor.
Dosen Pembimbing: | SOTYA ANGGORO S.T., M.ENG | NIDN0522068201 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:15 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |