HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGA CLEANING SERVICE DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

HELEN TRY JUNI ASTI (2012) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGA CLEANING SERVICE DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh badan dunia International Labour Organization (ILO) bahwa setiap hari rata-rata 6.000 orang meninggal atau 2,2 juta orang pertahun sakit atau kecelakaan berkaitan dengan pekerjaan (ILO, 2003 dalam Suardi, 2005). Sekitar 300.000 orang meninggal dari 250 juta kecelakaan dan sisanya adalah kematian karena penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan (WHO, 1994). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) oleh petugas cleaning service di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian descriptive correlation dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antara dua variabel dan mengetahui keeratan hubungannya yang dilakukan hanya satu kali dan pada satu tempat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling berjumlah 39 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2012 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Instrument penelitian ini menggunkan kuisioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan APD oleh petugas cleaning service RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Analisa data yang menggunakan uji statistik Chi- square. Mayoritas responden termasuk kategori tingkat pengetahuan yang baik (87.2 %) dan mayoritas responden patuh dalam penggunaan APD (97.4 %). Nilai r hitung 39.000a > r tabel 5,99 dengan signifikansi P = .000 atau P < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan penggunaan APD. Kekuatan hubungan antara dua variabel diperoleh nilai r 0.707 yang berarti hubungan antar variabel kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:06
Last Modified: 30 Jun 2022 06:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13223

Actions (login required)

View Item
View Item