ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO (PER) PADA SAHAM SYARIAH (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX)

DIAN AGUS SAPUTRO (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL YANG MEMPENGARUHI PRICE EARNING RATIO (PER) PADA SAHAM SYARIAH (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.PDF

Download (229kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Salah satu analisa yang sering digunakan dalam menilai investasi saham prospektif adalah aliran fundamental yang mencoba mempelajari hubungan antara harga saham dengan kondisi perusahaan dengan menggunakan data keuangan perusahaan. Nilai saham mewakili nilai perusahaan, tidak hanya nilai intrinsik suatu saat tetapi juga adalah harapan kemampuan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Pendekatan price earning ratio (PER) dicari melalui rasio antara harga pasar saham dengan laba per lembar saham, karena pada dasarnya PER memberikan indikasi tentang jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan dana pada tingkat harga saham dan keuntungan perusahaan pada suatu periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Devidend Payout Ratio (DPR), Return On Investment (ROI), dan Size terhadap Price Earnings Ratio (PER) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII).

Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian adalah faktor fundamental perusahaan (Return On Assets, Devidend Payout Ratio, Return On Investment, dan Size) dan Price Earning Ratio pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Jenis data adalah data sekunder. Sampel penelitian adalah saham perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dan memenuhi kriteria inklusi. Teknik sampling menggunakan metode nonprobabilitas dengan sampel bertujuan (purpose sampling). Metode pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yang bersumber dari catatancatatan yang dipublikasikan di JII yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Analisis statistic inferensial yang digunakan adalah persamaan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PER {t hitung -3.575 dan signifikansi 0.003 (sig < 0.005)}; (2) DPR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap PER {t hitung - 0.230 dan signifikansi 0.821 (sig > 0.005)}; (3) ROI berpengaruh positif signifikan terhadap PER {t hitung 3.078 dan signifikansi 0.008 (sig < 0.005)}; (4) Size tidak berpengaruh positif signifikan terhadap PER {t hitung -0.912 dan signifikansi 0.376 (sig > 0.005)}. Hasil uji Anova ditunjukkan bahwa ROA, DPR, ROI, dan Size secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER).

Kesimpulan penelitian ini adalah secara parsial hanya variabel ROA dan ROI saja yang berpengaruh signifikan terhadap PER dan secara simultan ROA, DPR, ROI, dan Size berpengaruh positif signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) pada saham-saham syariah perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2008 – 2011.

Kata Kunci: Analisa Fundamental, ROA, DPR, ROI, dan Size

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ANALISA FUNDAMENTAL, ROA, DPR, ROI, DAN SIZE 84
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:57
Last Modified: 25 Jun 2022 06:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13704

Actions (login required)

View Item
View Item