Nayib Saleemeen (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DARUL U LOOM SATUN THAILAND. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Darul U Loom Satun Thailand.
Jenis penelitian ini lapangan menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Darul U Loom Satun Thailand. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam usaha peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam telah dilaksanakan dengan baik, dibuktikan dengan terselenggaranya pengembangan mutu dalam aspek: kepala sekolah sebagai pemimpin, manajer, pendidik, administrator, supervisior, motivator, dan innovator. Dari ketujuh aspek tersebut kepala sekolah telah menjalankan perannya dengan baik. Akan tetapi, untuk aspek kepala sekolah sebagai manajer perlu adanya peningkatan dalam hal pengelolaan SDM sehingga dapat terwujud mutu pembelajaran yang diharapkan.
Kata Kunci : peran kepala sekolah, mutu pembelajaran pendidikan agama islam
Dosen Pembimbing: | Drs. Yusuf A Hasan, M.Ag. | NIDN526025901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:54 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 03:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1400 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |