PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DARUL U LOOM SATUN THAILAND

Nayib Saleemeen (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DARUL U LOOM SATUN THAILAND. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Darul U Loom Satun Thailand.
Jenis penelitian ini lapangan menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Darul U Loom Satun Thailand. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam usaha peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam telah dilaksanakan dengan baik, dibuktikan dengan terselenggaranya pengembangan mutu dalam aspek: kepala sekolah sebagai pemimpin, manajer, pendidik, administrator, supervisior, motivator, dan innovator. Dari ketujuh aspek tersebut kepala sekolah telah menjalankan perannya dengan baik. Akan tetapi, untuk aspek kepala sekolah sebagai manajer perlu adanya peningkatan dalam hal pengelolaan SDM sehingga dapat terwujud mutu pembelajaran yang diharapkan.
Kata Kunci : peran kepala sekolah, mutu pembelajaran pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:54
Last Modified: 30 Oct 2021 03:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1400

Actions (login required)

View Item
View Item