PERAN PARTAI POLITIK DALAM FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK STUDI KASUS PADA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN KULON PROGO PEREODE 2010-2012.

ISTANA (2014) PERAN PARTAI POLITIK DALAM FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK STUDI KASUS PADA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN KULON PROGO PEREODE 2010-2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (171kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (35kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (24kB)

Abstract

Kebijakan publikadalahserangkaiankeputusanatautindakan yang dilakukanPemerintahuntukmengaturwarganyademi mencapaitujuanbersama. Dalam Negara demokrasi, proses pembuatankebijakan publikmelibatkanparapihakpemangkukepentingan, salahsatunyaadalahpartaipolitik. Peranpartaipolitikdalamformulasikebijakansangatpentingmengingatpartaipolitikadalahinstitrusiresmi yang berperandalamartikulasidanagregasikepentingan. PDI Perjuanganadalahsalahsatupartaibesar yang mendominasiposisipolitik di KulonProgo. Tesisinihendakmenganalisisperanan PDI Perjuangandalamformulasikebijakanpublik di KabupatenKulonProgo.
Metode yang digunakanadalahjenispenelitiandeskriptifkualitatif, denganteknikpengumpulan data interview, observasidandokumentasi. Sedangkanteknikanalisis yang diguanakanadalahpendekatankualitatif.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaperan PDI PerjuanganKabupatenKulonProgodapatdilihatdarikerja 3 pilarpartaidalammenampungaspirasidanmengagregasikepentinganpublik. Dalampenelitianiniditemukanfaktabahwa di KulonProgomasihterjadibanyakketimpangansosialterutamatingginyaangkakemiskinan.Peranpartaidalamformulasikebijakan publikberlangsungdalamtatarankomunikasipolitismelaluistake holderpartai, bukanmasukdalamtataranbirokrasipemerintahan. Melaluipenelitianiniterbuktibahwakebijakanpublik yang selamainidikenalhanyaberadapadaranahbirokrasipemerintahan, ternyataperanpartaidalamformulasikebijakan publikadadansangatnyata
Penelitianinimerekomendasikanpentingnyabagiparapemangkukepentingansertaduniaakademikuntukmendorong, memfasilitasikajian-kajiangunamemperkuatperanpartaipolitikdalamformulasikebijakanpublik, bukandalamkerangkamengambilalihperanpemerintahtetapimenegaskankembalibahwapartaipolitiktermasuk PDI Perjuangansebenarnyamempunyaitugasdankewajibanpentinguntukmenampungaspirasi, mengagregasidanmemperjuangkankepentinganrakyat, sebagaibagiandari proses formulasikebijakanpublik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PDIP KULON PROGO PARATAI POLITIK
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Pemerintahan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:40
Last Modified: 24 Jun 2022 07:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14155

Actions (login required)

View Item
View Item