ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU DI MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI

HENI DINIYATI (2014) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU DI MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan (Strenghts), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) yang ada di dalam dan di luar MTs Muhammadiyah Wonosari. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan mutu yang dapat dilakukan MTs Muhammadiyah Wonosari dengan melihat keempat aspek tersebut dengan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengukur bagaimana keadaan lingkungan eksternal MTs Muhammadiyah Wonosari yaitu kekuatan dan kelemahan dan keadaan lingkungan eksternal MTs Muhammadiyah Wonosari yaitu peluang dan ancaman, sehingga dapat menentukan strategi pengembangan mutu secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratoris. Subjek dalam penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Wonosari dan objek penelitiannya adalah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di MTs Muhammadiyah Wonosari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obervasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dari uji validitas pertimbangan ahli dan uji reliabilitas ketekunan pengamatan. Selanjutnya teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah setelah melihat kondisi lingkungan internal Muhammadiyah yaitu kekuatan dan kelemahan, serta keadaan lingkungan eksternal MTs Muhammadiyah Wonosari yaitu peluang dan ancaman yang harus dihadapi MTs Muhammadiyah Wonosari, maka dapat ditentukan strategi pengembangan mutu dengan menggunakan analisis SWOT. Adapun strategi pengembangan mutu yang tepat bagi MTs Muhammadiyah Wonosari, antara lain: (1) strategi SO (Strenghts Opportunities), yaitu dengan cara memperbanyak porsi pendidikan akhlak, memperluas daerah binaan, mengajar TPA ke masjid-masjid yang lebih banyak, dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan masyarakat dan orang tua/wali murid; (2) strategi ST (Strenghts Threats), yaiu dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan mengutamakan pendidikan akhlak; (3) strategi WO (Weaknesess Opportunities), yaitu dengan cara meningkatkan promosi, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, dan menambah ruang; dan (4) strategi WT (Weaknesses Threats), yaitu dengan cara menciptakan pembelajaran yang khas dan melakukan penataan ruang yang baik dan bersih.

Kata kunci : mutu pendidikan, strategi pengembangan mutu, analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MUTU PENDIDIKAN STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU ANALISIS SWOT KEKUATAN, KELEMAHAN, PELUANG DAN ANCAMAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:43
Last Modified: 23 Jun 2022 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item
View Item