PEMANFAATAN LIMBAH KARBIT DAN FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA CAMPURAN BETON DENGAN VARIASI 0%, 5%. 10%. 15%, 20%, DARI BERAT SEMEN UNTUK UKURAN AGREGAT KASAR MAKSIMUM 20 MM

MUHAMMAD TAUFIQ WICAKSONO (2009) PEMANFAATAN LIMBAH KARBIT DAN FLY ASH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA CAMPURAN BETON DENGAN VARIASI 0%, 5%. 10%. 15%, 20%, DARI BERAT SEMEN UNTUK UKURAN AGREGAT KASAR MAKSIMUM 20 MM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Keberhasilan dikembangkannya berbagai macam jenis bahan tambah baik yang bersifat mineral (additive) maupun yang bersifat kimia (admixture) untuk campuran beton menyebabkan teknologi beton terus mengalami kemajuan. Pemakain bahan tambah bertujuan untuk mengubah satu atau lebih sifat-sifiat beton sewaktu masih dalam keadaan segar atau setelah mengeras. Selain itu pemakaian bahan tambah juga dimalcsudkan untuk mengurangi biaya produksi sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. Pembuatan beton dengan harga yang relatif murah salah satunya yaitu dengan memanfaatkan limbah produksi yang dapat dimanfaatkan misalnya seperti penggunaan abu terbang (fly ash) pada campuran beton untuk pengganti sebagian semen yang sudah banyak dilakukan penelitiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran limbah karbit dan fly ash sebagai pengganti sebagian semen terhadap kuat tekan beton dan slump beton. Penelitian yang dilakukan ini adalah dengan pemakaian limbah karbit clan fly ash sebagai campuran pengganti sebagian semen. Proporsi campuran limbah karbit dan fly ash adalah 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat semen dengan perbandingan limbah karbit dan fly ash adalah 1:1. Pemakaian agregat kasar adalah batu pecah dengan ukuran maksimum 20 mm. Pengujian kuat tekan benda uji dilakukan pada umur beton 28 hart Benda uji yang digunakan berupa silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm, masing-masing sebanyak 3 buah sampel untuk tiap variasi campuran limbah karbit dan fly ash sehingga total benda uji sebanyak 15 sampel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI LIMBAH KARBIT FLY ASH SEMEN BETON AGREGAT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:05
Last Modified: 24 Jun 2022 07:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14187

Actions (login required)

View Item
View Item