PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) NGUDI MAKMUR DALAM MENSEJAHTERAKAN PETANI DI DUSUN IMORENGGO DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALIR KABUPATEN KULON PROGO.

ANA FAUZIYATUN NISA (2014) PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) NGUDI MAKMUR DALAM MENSEJAHTERAKAN PETANI DI DUSUN IMORENGGO DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALIR KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)

Abstract

PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) NGUDI MAKMUR DALAM MENSEJAHTERAKAN PETANI DI DUSUN IMORENGGO DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO. 2014. ANA FAUZIYATUN NISA (Skripsi dibimbing oleh Francy Risvansuna, SP., MP dan Ir. Siti Yusi Rusimah, MS). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan BMT Ngudi Makmur, mendeskripsikan implementasi pembiayaan syariah yang diterapkan oleh BMT Ngudi Makmur, dan mengetahui sejauhmana peran BMT Ngudi Makmur dalam mensejahterakan petani di Imorenggo. Data primer dikumpulkan melalui wawancara dengan seluruh nasabah pembiayaan usahatani BMT Ngudi Makmur, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembiayaan syariah oleh BMT Ngudi Makmur secara umum tidak sesuai dengan fatwa DSN, biaya administrasi dan margin tidak jelas, namun untuk pencairan dana cukup baik. Sedangkan implementasi pembiayaan syariah di BMT Ngudi Makmur yang diterapkan oleh petani sudah sesuai, baik dari kesesuaian penggunaan dana maupun ketepatan pengembalian. Sementara dilihat dari peran, BMT Ngudi Makmur kurang berperan dalam mensejahterakan petani.
Kata Kunci: implementasi, pembiayaan syariah, peran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *12 IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN SYARIAH PERAN
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:23
Last Modified: 23 Jun 2022 07:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item
View Item