UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI SITOTOKSIK FRAKSI ETANOL BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA L.) TERHADAP SEL KANKER PAYUDARA MCF-7 SECARA IN VITRO DAN IN SILICO

YULIA NURLAELA (2014) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI SITOTOKSIK FRAKSI ETANOL BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA L.) TERHADAP SEL KANKER PAYUDARA MCF-7 SECARA IN VITRO DAN IN SILICO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Buah Mengkudu (M. citrifolia L.) diduga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa rutin merupakan golongan flavonoid. Antioksidan berperan sebagai kemopreventif. Pada kanker terjadi overekspresi Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER-2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antioksidan, efek sitotoksik fraksi etanol buah M. citrifolia L. terhadap sel kanker payudara MCF-7. dan potensi penghambatan HER-2 oleh rutin melalui analisis molecular docking.
Buah M. citrifolia L. diekstraksi dengan metode maserasi menggunakan etanol 70%, dilanjutkan dengan fraksinasi etanol-kloroform. Identifikasi kandungan kimia dilakukan dengan KLT, daya antioksidan dilakukan dengan metode DPPH dan uji sitotoksik dengan metode MTT. Pada penelitian ini dilakukan analisis molecular docking senyawa rutin yang diduga mempunyai efek anti kanker terhadap protein Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2).
Profil KLT fraksi etanol buah M.citrifolia L. menunjukkan adanya peredaman pada UV 254 dengan Rf yang sama dengan standar rutin (peredaman; Rf 0,4). Uji antioksidan fraksi etanol buah M. citrifolia L. memberikan nilai IC50 311,067 µg/ml. Uji sitotoksik fraksi etanol M. citrifolia L. menghasilkan IC50 979,04 µg/ml. Pada analisis molecular docking, senyawa rutin dapat menghambat HER-2 dengan docking score sebesar -77. Penelitian ini menunjukkan bahwa fraksi etanol buah M. citrifolia L. memiliki aktivitas antioksidan dan efek sitotoksik yang lemah. Senyawa rutin mempunyai ikatan yang lebih lemah dibandingkan dengan native ligand-nya namun lebih kuat dibandingkan herceptin.

Kata Kunci : Morinda citrifolia L., Sel MCF-7, HER-2, Sitotoksik, Docking

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *102 MORINDA CITRIFOLIA L SEL MCF-7 HER-2 SITOTOKSIK DOCKING
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:56
Last Modified: 22 Jun 2022 05:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item
View Item