ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER DI RS JIWA DAERAH DR. RM. SOEDJARWADI PROVENSI JAWA TENGAH

TRI KUNCORO (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER DI RS JIWA DAERAH DR. RM. SOEDJARWADI PROVENSI JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Latar Belakang: Dokter merupakan staf medis fungsional dan tidak hanya sebagai pegawai saja, juga mempunyai fungsi strategis di rumah sakit sebagai agent atau pembawa pasien bagi rumah sakit tersebut. Kenyataannya masih banyak ditemukan keluhan pasien sehubungan dengan kinerja tenaga dokter. Kepuasan kerja adalah sikap seseorang terhadap pekerjaannya, dan sikap itu berasal dari persepsi mereka tentang pekerjaannya. Jadi kepuasan kerja berpangkal dari berbagai aspek kerja seperti situasi kerja, supervisi, tim kerja, penghasilan dan kesempatan promosi.
Tujuan: Mengetahui beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja dokter di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah.
Metode: penelitian ini termasuk penelitian explanatory, dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh dokter yang bekerja di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi, sejumlah 30 orang dan semuanya diteliti (sample of total population). Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari: situasi kerja, supervisi, tim kerja, penghasilan, dan kesempatan promosi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil: Lebih dari setengah (53,3%) dokter mempersepsikan situasi kerja cukup, sebanyak 50% dokter mempersepsikan supervisi cukup, sebanyak 56,7% dokter mempersepsikan tim kerja cukup, sebanyak 53,3% mempersepsikan penghasilan cukup, kemudian sebagian besar (60%) dokter mempersepsikan kesempatan promosi cukup.
Ada pengaruh situasi kerja terhadap kepuasan kerja dokter(p = 0,000). Ada pengaruh supervisi terhadap kepuasan kerja (p = 0,000). Ada pengaruh tim kerja dengan kepuasan kerja. Ada pengaruh penghasilan terhadap kepuasan kerja (p = 0,000). Ada pengaruh kesempatan kerja terhadap kepuasan kerja(p = 0,000). Situasi kerja, supervisi, tim kerja, penghasilan, dan kesempatan promosi secara simultan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja dokter di RSJD Dr. RM Soedjarwadi (p = 0,000).
Kesimpulan: Ada pengaruh situasi kerja terhadap kepuasan kerja dokter, ada pengaruh supervisi terhadap kepuasan kerja, ada pengaruh tim kerja dengan kepuasan kerja. Ada pengaruh penghasilan terhadap kepuasan kerja, ada pengaruh kesempatan promosi terhadap kepuasan kerja. Situasi kerja, supervisi, tim kerja, penghasilan, dan kesempatan promosi secara simultan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kepuasan kerja dokter di RSJD Dr. RM Soedjarwadi
Kata Kunci: Situasi kerja, supervisi, tim kerja, penghasilan, kesempatan promosi dan kepuasan kerja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SITUASI KERJA SUPERVISI TIM KERJA PENGHASILAN KESEMPATAN PROMOSI DAN KEPUASAN KERJA
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:43
Last Modified: 22 Jun 2022 05:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14517

Actions (login required)

View Item
View Item