HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE DENGAN KEPATUHAN PELAKSANAAN HAND HYGIENE PADA PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI PERAWAT

EVIYANTI (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE DENGAN KEPATUHAN PELAKSANAAN HAND HYGIENE PADA PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI PERAWAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.doc

Download (57kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.doc
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (26kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (27kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Latar Belakang. Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) termasuk penilaian akreditasi RS. Salah satu tahap standar adalah hand hygiene. Tangan tenaga layanan kesehatan sering berkontak dengan pasien dan lingkungannya sehingga menjadi sarana yang paling lazim untuk penularan HAIs. Hand hygiene dapat menurunkan HAIs jika dilakukan dengan taat sesuai rekomendasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuai hubungan antara tingkat pengetahuan hand hygiene dan kepatuhan pelaksanaan hand hygiene.
Metode Penelitian. Penelitian ini adalah analitik observational dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah peserta program pendidikan profesi perawat dengan teknik pengambilan total sampling. Instrument penelitian menggunakan lembar kuesioner dan observasi.
Hasil Penelitian. Analisis dengan statistik deskriptif, hasilnya didapatkan rata-rata tingkat pengetahuan dan kepatuhan pelaksanaan hand hygiene responden kurang. Analisis distribusi responden menurut jenis kelamin, responden jenis kelamin laki-laki berjumlah 7 orang dan jenis kelamin perempuan berjumlah 47 orang, distribusi menurut tingkat pengetahuan didapatkan responden dengan nilai kurang 44 orang (81,4%) dan nilai cukup 10 orang (18,5%), distribusi menurut tingkat kepatuhan didapatkan responden dengan nilai kurang 40 orang (74,0%) dan nilai baik 14 orang (25,9%). Data analisis dengan menggunaka tes korelasi antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan pelaksanaan hand hygiene, didapatkan hasil korelasi 0,318, dimana p<0.005, maka ada hubungan positif.
Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif antara tingkat pengetahuan hand hygiene dan kepatuhan pelaksanaan hand hygiene. Rata-rata tingkat pengetahuan responden kurang. Rata-rata tingkat kepatuhan pelaksanaan hand hygiene responden kurang.
KATA KUNCI : Tingkat Pengetahuan hand hygiene –Kepatuhan Pelaksanaan hand hygiene

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE KEPATUHAN PELAKSANA HAND HYGIENE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:29
Last Modified: 22 Jun 2022 03:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14540

Actions (login required)

View Item
View Item