DUKUNGAN RUSIA TERHADAP BERDIRINYA BRICS BANK SEBAGAI LEMBAGA TANDINGAN IMF

EDELWEIS LARARENJANA FAYAKUN S (2014) DUKUNGAN RUSIA TERHADAP BERDIRINYA BRICS BANK SEBAGAI LEMBAGA TANDINGAN IMF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini ialah, mengetahui peran Rusia di IMF, mengetahui latar belakang serta alasan berdirinya BRICS Bank serta memahami alasan Rusia dalam tindakannya menyetujui berdirinya BRICS Bank yang oleh kalangan internasional diasosiasikan sebagai lembaga tandingan IMF.
Metode penulisan yang digunakan adalah tipe deskriptif dan argumentatif serta menjawab pokok permasalahan dengan logis mengenai mengapa Rusia bersedia bekerjasama untuk mendirikan BRICS Bank padahal Rusia masih merupakan anggota IMF. Teknik pengumpulan data yang digunakan bersifat library research, yaitu penelusuran terhadap literatur yang berkaitan dengan topik yang diperoleh dari buku-buku, e-book, jurnal serta paper ilmiah, serta penelusuran melalui internet.
Hasil analisis penulisan ini menunjukkan bahwa, Rusia mempunyai kepentingan yang besar dalam keterkaitannya dengan BRICS secara umum dan pendirian BRICS Development Bank secara khusus. Rusia menggunakan keterkaitannya dengan BRICS sebagai organisasi internasional untuk mempermudah jalannya melakukan berbagai kerjasama dengan negara kawasan Asia Pasifik. Kawasan yang sangat potensial ini dimaksudkan oleh Rusia sebagai sentral penyebaran pengaruhnya karena Rusia melihat bahwa kawasan ini masih sangat mudah dihegemoni. Rusia juga menginginkan keseimbangan dalam pengelolaan ekonomi dunia yang selama ini dimotori oleh Barat. Menurut Rusia, melalui BRICS Rusia dapat menjadi salah satu aktor utama dalam upaya stabilisasi ekonomi dan BRICS juga diharapkan menjadi pemimpin sentral dunia ketiga.

Keywords: Rusia, Uni Soviet, BRICS, IMF, World Bank, Development Bank

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RUSIA UNI SOVIET BRICS IMF WORLD BANK DEVELOPMENT BANK
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:25
Last Modified: 22 Jun 2022 03:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item
View Item