EFEKTIFITAS DANCE/MOVEMENT THERAPY DENGAN LAGU DOLANAN JAWA TERHADAP SKOR INSOMNIA LANSIA PASCA BENCANA

MONIKA TATYANA YUSUF (2014) EFEKTIFITAS DANCE/MOVEMENT THERAPY DENGAN LAGU DOLANAN JAWA TERHADAP SKOR INSOMNIA LANSIA PASCA BENCANA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keadaan pasca bencana memberikan beberapa masalah dalam hal kesehatan fisik dan psikis. Salah satu kelompok rentan pasca bencana adalah lansia dan dampak psikis pasca bencana yang dapat terjadi adalah insomnia yang berkaitan dengan depresi dan kecemasan karena post-trauma. Dance/Movement Therapy (DMT) dengan lagu dolanan jawa adalah salah satu alternatif terapi non farmakologi bagi insomnia. DMT memiliki manfaat memberikan efek termogenik tubuh, menurunkan kecemasan, suasana hati menjadi nyaman, meningkatkan serotonin sehingga dapat mengatasi insomnia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas DMT dengan lagu dolanan jawa terhadap skor insomnia lansia pasca bencana.
Desain penelitian ini adalah Quasi Experiment pretest-posttest with control group design. Subyek penelitian adalah 36 lansia di Dukuh Petung sebagai kelompok perlakuan dan 31 lansia di Dukuh Jambu sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan pertemuan 1 kali dalam seminggu dengan durasi 45-60 menit selama 1 bulan. Uji statistik yang digunakan yaitu Wilcoxon Signed Rank Test, Independent T-test atau Mann Whitney.
Analisis hasil penelitian skor insomnia pada kelompok perlakuan yang diberikan Dance/Movement Therapy dengan lagu dolanan Jawa mean Pre-test adalah 8,85, mean post-test adalah 3,88. Hasil uji beda menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan penurunan skor insomnia yang bermakna secara statistik (p = 0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol mean pre-test adalah 9,92, mean post-test adalah 9,60. Hasil uji beda menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test tidak menunjukkan penurunan yang bermakna secara statistik (p = 0,657).
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan skor insomnia yang bermakna pada responden yang diberikan intervensi Dance/Movement Therapy dengan lagu dolanan Jawa. Sehingga hasil ini membuktikan bahwa Dance/Movement Therapy dengan lagu dolanan Jawa efektif dapat menurunkan skor insomnia lansia pasca bencana.
Kata kunci : insomnia pada lansia, lansia pasca bencana, Dance/Movement Therapy

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INSOMNIA PADA LANSIA LANSIA PASCA BENCANA DANCE/MOVEMENT THERAPY
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:33
Last Modified: 21 Jun 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14715

Actions (login required)

View Item
View Item