Teguh Suyono Arifin (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN.AGAMA ISLAM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SMALB KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita. 2) Mengetahui kesesuaian strategi yang digunakan dengan karakter yang akan dibentuk. 3) Mengetahui keberhasilan pembentukan karakter anak tunagrahita melalui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam. 4) Mengetahui faktor penghambat dan solusi stategi pembelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis pendidikan karakter di SMALB kabupaten Gunungkidul. Sumber data dalam penelitian ini adalah, guru pendidikaan agama Islam. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Macam-macam strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak tunagrahita antara lain, teacher center strategies, deduktif, dan individualisai, 2) Kesesuain strategi pembelajaran yang digunakan dengan karakter religiusitas dengan deduktif; jujur dengan individualisai; disiplin dengan teacher center strategies, individualisasi; deduktif dengan toleransi 3) Keberhasilan pembentukan karakter anak tunagrahita melalui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, antara lain, karakter religiusitas membuat siswa menjalankan sholat dhuha, sholat jamaah, karakter jujur, disiplin membuat siswa menjalankan upacara bendera, apel pagi, toleransi membuat siswa dapat bergaul tanpa membeda-bedakan.4) Penghambat dan solusi strategi pembelajaran pendidikan agama Islam, antara lain motivasi guru untuk pengembangan profesi rendah, perencanaa pembelajaran yang kurang baik, ketrampilan dan keluasan ilmu yang berbeda-beda, letak geografis sekolah sehingga kesulitan jaringan internet, maka solusinya dengan mengadakan workshop, pendidikan kilat supaya menambah motivasi guru dalam pengembangan profesionalitas, penyusunan perencanaan pembelajaran secara bersama-sama peningkatan ketrampilan supaya keluasan ilmu meningkat, serta penyediaaan jaringan internet yang cepat dan stabil.
Kata kunci: Strategi pembelajaran, pendidikan agama Islam, pendidikan karakter, anak tunagrahita
Dosen Pembimbing: | Dr. AKIF KHILMIYAH, M.Ag , Drs. MARSUDI IMAN, M.Ag | NIDN0512026801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 01:39 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |