PENGARUH WAKTU MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN SIKAT GIGI BERLAMPU SEBAGAI PENGUKUR WAKTU (LIGHT UP TIMER TOOTH BRUSH) TERHADAP TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

BIRRUL WALDAINI UNDIPAYATI (2014) PENGARUH WAKTU MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN SIKAT GIGI BERLAMPU SEBAGAI PENGUKUR WAKTU (LIGHT UP TIMER TOOTH BRUSH) TERHADAP TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebersihan gigi dan mulut yang maksimal dapat tercapai baik dengan cara membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan yang tertinggal diantara gigi. Waktu efektif menyikat gigi yaitu selama 2 menit, pendapat lain mengemukakan waktu efektif menyikat gigi adalah 3 menit.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui waktu efektif menyikat gigi antara kelompok 3 menit dan 2 menit menggunakan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu. Kebersihan gigi dan mulut diukur dengan indeks PHP (Patient Hygiene Performance Index). Metode yang digunakan pada penelitian adalah quasi eksperimental. Sampel sebanyak 28 anak usia 4-5 tahun. Pengukuran skor plak dilakukan sebelum menyikat gigi dan sesudah menyikat gigi. Data dianalisis dengan uji t-test.
Hasil dari uji statistik terdapat perbedaan selisih antara menyikat gigi 2 menit dan 3 menit sebesar 0,11. Artinya terdapat pebedaan yang tidak signifikan. Oleh karena itu menyikat gigi 2 menit dan 3 menit dianggap sama sama efektif.
Kata kunci: kebersihan gigi dan mulut, plak, waktu efektif menyikat gigi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PLAK WAKTU EFEKTIF MENYIKAT GIGI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:03
Last Modified: 22 Jun 2022 02:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14764

Actions (login required)

View Item
View Item