HUBUNGAN KEPEDULIAN DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP INDEKS PLAK SKOR PADA PENGGUNAAN SIKAT GIGI BERLAMPU (LIGHT UP TIMER TOOTH BRUSH) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN.

PRADIFTA DEVI (2014) HUBUNGAN KEPEDULIAN DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP INDEKS PLAK SKOR PADA PENGGUNAAN SIKAT GIGI BERLAMPU (LIGHT UP TIMER TOOTH BRUSH) PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Kepedulian dan peran orang tua merupakan hal yang sangat penting dalam membimbing, memberikan pengertian dan menyediakan fasilitas kepada anak agar dapat memelihara kebersihan gigi dan mulut mereka. Dan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut pada anak usia dini telah diciptakan inovasi terbaru yaitu sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu. Maksud penelitian ini dalah untuk mengetahui hubungan kepedulian dan peran orang tua terhadap kebersihan gigi dan mulut pada penggunaan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Mulia Dua.
Desain penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian observasional yaitu penelitian dengan cara melakukan pengamatan dengan memberikan kuisioner dan penggunaan sikat gigi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasi bertujuan menemukan hubungan antara variabel. pendekatan pengambilan data dengan kohort. Populasi dalam penelitian ini adalah 105 pasangan orang tua dan anak di TK Budi Mulia Dua dengan jumlah sampel yaitu 24 pasangan orang tua dan anak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan kepedulian dan peran orang tua terhadap penggunaan sikat gigi berlampu sebagai pengukur waktu (Light Up Timer Tooth Brush) pada anak usia 4-5 tahun di TK Budi Mulia Yogyakarta, dibuktikan dengan uji korelasi dengan diketahui nilai R sebesar 0,467 dan nilai signifikan 0,022 (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPEDULIAN DAN PERAN ORANG TUA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:54
Last Modified: 23 Jun 2022 02:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item
View Item