TINJAUAN ETIKA KEPATUHAN SEORANG CALON PENDONOR KADAVER

RIZKI FEBRUAMINA YANTI (2014) TINJAUAN ETIKA KEPATUHAN SEORANG CALON PENDONOR KADAVER. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract

Kadaver merupakan instrumen penting bagi mahasiswa kedokteran dan para tenaga medis dalam mempelajari ilmu anatomi. Di negara Indonesia, perolehan kadaver dengan cara levering (penyerahan) merupakan kejadian yang sangat langka. Sehingga ketika ada seseorang yang bersedia menghibahkan tubuhnya menjadi kadaver akan menjadi kejadian langka yang sangat menarik untuk diteliti.
Penelitian ini dilakukan untuk meninjau etika keputusan calon pendonor kadaver. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study) dengan satu subyek penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah subyek penelitian ingin mendonorkan tubuh agar bisa bermanfaat bagi orang lain hingga meninggal, karena subyek ingin berbuat apa saja agar bisa membantu orang lain. Alasan yang mendasari keputusan yang dilakukan oleh calon kadaver tersebut kemudian dikaitkan dengan teori etika.
Teori etika yang dapat dikaitkan dengan keputusan calon pendonor kadaver untuk mendonorkan tubuhnya adalah teori Teleologi (Utilitarianisme). Tetapi dapat juga dikaitkan dengan teori Deontologi.

Kata kunci: Etika – Keputusan – Donor – Kadaver – Teleologi - Deontologi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ETIKA KEPUTUSAN DONOR KADAVER TELEOLOGI DEONTOLOGI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:28
Last Modified: 22 Jun 2022 01:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item
View Item