HUBUNGAN KEGIATAN DI LUAR RUMAH DENGAN MIOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA USIA 18 - 23 TAHUN

NURBAITI ANDIYANI (2014) HUBUNGAN KEGIATAN DI LUAR RUMAH DENGAN MIOP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA USIA 18 - 23 TAHUN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (251kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (23kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)

Abstract

Miop adalah kelainan refraksi yang secara umum sering terjadi pada usia muda dimana kemampuan mata untuk melihat benda pada jarak yang jauh berkurang. Penyebab dari miop dianggap sebagai suatu faktor yang luas yang berhubungan dengan faktor genetik dan lingkungan serta aktivitas sehari-hari. Belum diketahui secara pasti perjalanan hubungan kegiatan di luar rumah dapat mengurangi risiko miop. Namun diperkirakan, kegiatan luar rumah khususnya yang dilakukan di luar ruangan membuat mata terbiasa dengan pandangan jauh yang menyebabkan mata berakomodasi secara minimal.
Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan pendekatan Cross sectional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Dokter UMY usia 18-23 tahun yang terdiri dari 48 (50%) mahasiswa dengan miop dan 48(50%) mahasiswa tidak menderita miop.
Hasil untuk mahasiswa miop dengan rata-rata kegiatan di luar ruangan per hari < 3 jam sebanyak 30 (62,5%) dan > 3 jam sebanyak 18 (37,5%). Sedangkan hasil untuk mahasiswa tanpa miop dengan rata-rata kegiatan di luar ruangan per hari < 3 jam sebanyak 16 (33,3%) dan > 3 jam sebanyak 32 (66,6%). Analisis data dengan Chi-Square Test menunjukkan nilai yang signifikan yaitu sebesar 0,014 ( p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MIOP - KEGIATAN - LUAR RUANGAN - HUBUNGAN MIOP DENGAN KEGIATAN LUAR RUMAH
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:10
Last Modified: 21 Jun 2022 04:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item
View Item