PERBANDINGAN INDEKS KARIES ICDAS (INTERNATIONAL CARIES DETECTION AND ASSESMENT SYSTEM) BERDASARKAN STATUS GIZI NORMAL DAN GEMUK.

YENI SAMITA SARI (2014) PERBANDINGAN INDEKS KARIES ICDAS (INTERNATIONAL CARIES DETECTION AND ASSESMENT SYSTEM) BERDASARKAN STATUS GIZI NORMAL DAN GEMUK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Karies merupakan suatu penyakit jaringan keras gigi, yaitu email, dentin, dan sementum yang disebabkan oleh aktivitas suatu jasad renik dalam suatu karbohidrat yang dapat diragikan.Terdapat empat faktor yang dapat menyebabkan terjadinya karies, yaitu peran bakteri, waktu, ph pada saliva, dan peran karbohidrat.Peran karbohidrat atau asupan makanan dapat dihubungkan dengan status gizi seseorang. Status gizi sendiri merupakan ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu , atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perbandingan indeks karies ICDAS berdasarkan status gizi normal dan gemuk.
Desain penelitian ini menggunakan metode observasi dengan rancangan analitik dan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 32 siswa SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta yang terbagi menjadi 2 kelompok dan terdiri dari kelompok 1 dengan status gizi normal (16 anak) dan kelompok 2 (16 anak) dengan status gizi gemuk. Hasil analisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KARIES - INDEKS ICDAS - STATUS GIZI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:30
Last Modified: 28 Dec 2021 01:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item
View Item