PRAKTIK PERAWATAN BAYI BARU LAHIR MENURUT BUDAYA SUKU JAWA DI DESA TLOGO (YOGYAKARTA) DAN BUDAYA SUKU MBOJO DI DESA KAREKE (DOMPU NTT)

RETNO DWI RAHMAWATI (2014) PRAKTIK PERAWATAN BAYI BARU LAHIR MENURUT BUDAYA SUKU JAWA DI DESA TLOGO (YOGYAKARTA) DAN BUDAYA SUKU MBOJO DI DESA KAREKE (DOMPU NTT). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)

Abstract

Berdasarkan fakta yang terjadi pada masyarakat di Indonesia ada beberapa nilai kepercayaaan masyarakat yang berhubungan dengan perawatan bayi baru lahir yang mempengaruhi perilaku serta perkembangan bayi dan anak oleh pengaruh pada struktur keluarga, harapan orang tua, pengawasan, dan praktek pengasuhan anak, variasi individu yang mengatur bayi dan anak selama proses perkembangan dan rangsangan yang diberikan pada bayi dan anak pada berbagai umur.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perspektif orang tua tentang perawatan bayi baru lahir pada suku Jawa dan suku Mbojo (Dompu, NTB) dan untuk mengetahui praktik perawatan bayi baru lahir di suku Jawa dan suku Mbojo (Dompu, NTB)
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif jenis case studi dengan pendekatan retrospektif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 9 orang. Pengolahan data pada penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan cara yaitu cara manual atau thematic analysis.
Hasil penelitian ini didapatkan dari kasus 1 dan kasus 2 yaitu mengenai persepsi dari kedua kasus menyebutkan perawatan bayi baru lahir itu penting, pemenuhan nutrisi diberikan ASI ekslusif namun ada partisipan sebelum usia 6
bulan sudah diberikan Makanan Pendamping ASI (MP ASI), perawatan kehangatan pada suku Mbojo menggunakan sampuru1 dan pada suku Jawa menggunakan bedong, perawatan rambut pada suku Mbojo menggunakan santan dan pada suku Jawa menggunakan kemiri.
Kesimpulan dari penelitian bahwa partisipan melakukan perawatan bayi baru lahir guna menjaga anaknya agar tetap sehat. Diharapkan dengan adanya penelitian ini perawat dapat memberikan informasi kepada masyarakat dengan melakukan pendidikan kesehatan mengenai praktik perawatan bayi baru lahir.
Kata kunci: Perawatan bayi baru lahir, perawatan budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *340 PERAWATAN BAYI BARU LAHIR - PERAWATAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:23
Last Modified: 21 Jun 2022 04:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14918

Actions (login required)

View Item
View Item