TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT ANAK TENTANG DEVELOPMENTAL CARE DI RS PKU MUHAMMADIYAH DI DIY

MAYA FEBRIYANA (2014) TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT ANAK TENTANG DEVELOPMENTAL CARE DI RS PKU MUHAMMADIYAH DI DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (330kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Tumbuh kembang anak telah dimulai sejak dalam kandungan dan akan terus berlangsung sampai kelahiran dan periode selanjutnya dan periode setelah lahir. Setelah periode setelah lahir, bayi harus beradaptasi dengan lingkungannya yang berada di luar rahim. Banyak sekali masalah yang menyebabkan tingginya angka kesakitan bayi di rumah sakit. Dampak negatif akibat perawatan di rumah sakit merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengakibatkan tingginya angka kesakitan pada bayi. Penyesuaian ini menjadi lebih sulit pada bayi dengan resiko tinggi yang berada rumah sakit. Berbagai upaya telah dikembangkan dalam rangka meminimalkan dampak negatif akibat perawatan di rumah sakit yang salah satunya adalah dengan asuhan perkembangan (Developmental Care). Developmental care merupakan komponen penting dalam asuhan keperawatan pada bayi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan perawat anak tentang developmental care di RS PKU Muhammadiyah di DIY. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif, yang melibatkan 32 perawat yang bekerja di ruang bayi.
Hasilnya menunjukan tingkat pengetahuan perawat tentang salah satu prinsip tentang tingkat pencahayaan yang dianjurkan pada bayi masih rendah dengan hasil 31,25%. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya pemberian informasi tentang developmental care kepada petugas kesehatan lain di rumah sakit.
Kata kunci: pengetahuan, developmental care, perawat anak

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *339 PENGETAHUAN - DEVELOPMENTAL CARE - PERAWATAN ANAK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:25
Last Modified: 21 Jun 2022 04:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item
View Item