VALIDASI METODE ANALISIS KANDUNGAN VITAMIN E PADA BUAH KOLANG KALING (ARENGA PINNATA MERR.) DENGAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY

SYAHID IRAWAN (2014) VALIDASI METODE ANALISIS KANDUNGAN VITAMIN E PADA BUAH KOLANG KALING (ARENGA PINNATA MERR.) DENGAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

*129 Vitamin E merupakan nutrisi esensial yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Disebut esensial karena tubuh tidak dapat membuat sendiri, sehingga harus disediakan dari makanan, misalnya buah atau kacang-kacangan. Daging buah kolang kaling (Arenga pinnata Merr.) adalah salah satu tanaman jenis palma yang diduga kaya akan kandungan komponen larut minyak, salah satunya Vitamin E.
Tujuan penelitian ini untuk mengoptimasi kondisi analisis yang sesuai dalam penetapan kadar Vitamin E pada daging buah kolang kaling (Arenga pinnata Merr.) menggunakan metode HPLC. Metode analisis menggunakan HPLC dengan sistem; fase gerak (fase terbalik) metanol:air (95:5), detektor UV-Vis 291 nm, fase diam C8 250L x 4,6 mm, kecepatan alir 1,5 mL/ menit, elusi isokratik, suhu 30oC.
Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh waktu retensi Vitamin E pada menit ke 8.486 dan telah memenuhi persyaratan parameter validasi. Parameter kesesuaian sistem menghasilkan koefisien variasi (CV) 1,34%. Linieritas menunjukkan koefisien korelasi yang baik (r = 0,995) dengan persamaan y = 4,76x + 140,4. Diperoleh batas kuantifikasi 2,142 ng/ mL. Parameter akurasi dan presisi menghasilkan CV ≤ 20%. Persentase perolehan kembali Vitamin E diperoleh 99,5%. Kadar rata-rata Vitamin E ekstrak n-heksan daging buah kolang kaling untuk ekstraksi kering sebesar 4,6% dan ekstraksi basah sebesar 5,58%.
Kata kunci: HPLC, Vitamin E, kolang kaling (Arenga pinnata Merr.)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *129 HPLC - VTAMIN E - KOLANG KALING (ARENGA PINNATA MERR.)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:00
Last Modified: 21 Jun 2022 06:00
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14928

Actions (login required)

View Item
View Item