PENGARUH PEMBERIAN PAKET EDUKASI TENTANG MTBS ISPA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN IBU DALAM PERAWATAN BALITA DENGAN ISPA DI SENTOLO YOGYAKARTA

APRI ANI (2014) PENGARUH PEMBERIAN PAKET EDUKASI TENTANG MTBS ISPA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN IBU DALAM PERAWATAN BALITA DENGAN ISPA DI SENTOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*343 Infeksi Saluran Pernafasan Akut adalah penyakit yang disebabkan oleh agen infeksi yang ditularkan dari manusia ke manusia, jika ISPA tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan kematian pada bayi, karena itu membutuhkan perawatan segera. Hal ini dapat dilakukan oleh seorang ibu sebagai orang yang paling dekat dengan anak, salah satu peran ibu adalah untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penyakit pernapasan. Peran ibu dipengaruhi oleh pengetahuan dan keterampilan ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan pada paket MTBS ISPA di Sentolo.
Desain penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan pre-test dan posttest. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 48 ibu yang memiliki anak usia < 5 tahun di Desa Sentolo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan responden dan check list digunakan untuk mengetahui ketrampilan responden, sedangkan metode analisa data menggunakan Paired Test untuk mengetahui perbedaan pre test dan post test pada kelompok kontrol dan eksperimen dan Independent t Test untuk mengetahui perbedaan pre-test pada kelompok kontrol dan eksperimen serta mengetahui perbedaan post test pada kelompok kontrol dan eksperimen.
Hasil dari uji statistik dengan tingkat kemaknaan p <0,05 didapatkan hasil p value 0,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh pemberian paket edukasi tentang MTBS ISPA terhadap pengetahuan dan ketrampilan ibu dalam perawatan balita dengan ISPA. Dengan hasil tersebut
disarankan pendidikan kesehatan terus dilakukan untuk menambah informasi kepada ibu balita agar mampu mengurangi angka kematian balita karena ISPA.
Kata kunci : paket edukasi, ISPA, pengetahuan, ketrampilan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *343 PAKET PENDIDIKAN - ISPA - PENGETAHUAN - KETERAMPILAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:57
Last Modified: 21 Jun 2022 05:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14933

Actions (login required)

View Item
View Item