GAMBARAN MOTIVASI REMAJA UNTUK BERHENTI MEROKOK DI SMA MUHAMMADIYAH SINGAPARNA

RAMDHAN SULTHAN NASIR (2014) GAMBARAN MOTIVASI REMAJA UNTUK BERHENTI MEROKOK DI SMA MUHAMMADIYAH SINGAPARNA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (569kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Konsumsi rokok di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Siswa perokok merupakan sekelompok masyarakat yang mengkonsumsi rokok. Penelitian ini mencoba menggambarkan motivasi dalam usaha mengakhiri perilaku merokok.Konteks motivasi ditinjau mulai dari pembentukan niat berhenti merokok, usaha awal berhenti merokok,kembali merokok secara teratur, dan usaha berhenti merokok hingga menjadi mantan perokok.

Metode Penelitian:Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional yang akan menggambarkan tentang motivasi remaja untuk berhenti merokok. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah Singaparna dengan partisipan 31 responden. Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner mengenai demografi, Richmond test dan Fagerstrom test. TeknikpengambilansampeldilakukandenganteknikTotal Sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat.

Hasil: Hasil penelitian ini adalah lebih dari sebagian responden (58,07%) memiliki motivasi sedang untuk berhenti merokok dan sebagian besar responden (58,07%) memiliki ketergantungan sangat rendah terhadap nikotin.

Kesimpulan:Gambaran motivasi berhenti merokok di SMA Muhammadiyah Singaparna memiliki motivasi sedang dan gambaran untuk ketergantungan nikotin di SMA Muhammadiyah Singaparna memiliki ketergantungan sangat rendah terhadap nikotin. Peran institusi pendidikan sangatlah penting untuk membimbing siswa perokok untuk berhenti merokok serta melakukan penyuluhan tentang bahaya merokok dengan cara yang menarik dan jelas serta peran aktif pemerintah dan praktisi kesehatan untuk mengontrol dan mengawasi produk dan iklan rokok yang menyebabkan remaja termotivasi untuk merokok.

Kata kunci: Remaja, Motivasi berhenti merokok, ketergantungan nikotin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *394 REMAJA - MOTOVASI BERHENTI MEROKOK - KETERGANTUNGAN NIKOTIN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:38
Last Modified: 28 Dec 2021 03:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14985

Actions (login required)

View Item
View Item