HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU REMAJA TENTANG MEROKOK DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEMESTER 4 DAN 6 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

HARSA TRI PRADANA (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU REMAJA TENTANG MEROKOK DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SEMESTER 4 DAN 6 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi merokok di Indonesia meningkat secara signifikan. Statistik dari kementerian kesehatan Indonesia mengungkapkan konsumsi rokok antara 2001 dan 2009 Hal ini dinyatakan 182 miliar batang rokok dikonsumsi pada tahun 2001 dan diangkat ke 260,8 miliar pada tahun 2009.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku remaja tentang merokok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster sampling berjumlah 75 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian menunjukkan bahwa 61 responden dengan pengetahuan yang baik. Nilai P pengetahuan dan sikap adalah 0.07, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi antara dua variabel. Sedangkan nilai P antara sikap dan perilaku yang menunjukkan hubungan dengan P = 0,06. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku remaja tentang merokok di program studi ilmu keperawatan semester 4 dan 6 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, remaja, merokok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *402 PENGETAHUAN - SIKAP - PERILAKU - REMAJA - MEROKOK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:21
Last Modified: 22 Jun 2022 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14993

Actions (login required)

View Item
View Item