GAMBARAN PERAN PUSKESMAS DALAM RANGKA MENEKAN ANGKA KEMATIAN IBU (AKI) DAN ANGKA KEMATIAN ANAK (AKA) DI KABIPATEN INDRAMAYU.

FATHIARKA MA'RUF (2014) GAMBARAN PERAN PUSKESMAS DALAM RANGKA MENEKAN ANGKA KEMATIAN IBU (AKI) DAN ANGKA KEMATIAN ANAK (AKA) DI KABIPATEN INDRAMAYU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah telah membuat kebijakan atau strategi pendekatan pelayanan kesehatan gratis disemua bidang kesehatan yang salah satunya adalah KIA untuk menekan angka kematian pada ibu dan anak yang masih tergolong tinggi pada Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Puskesmas dalam menekan AKI dan AKA di Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode kualitatife. Subjek penelitian ini adalah koordinator bidang KIA, Kepala Puskesmas, Kepala RSUD, Kepala Dinas Kesehatan, Sekda Indramayu dan Bupati Indramayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, panduan wawancara mendalam dan daftar tilik dokumen serta kelengkapan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program KIA yang telah dijakankan selama ini oleh Puskesmas di Kabupaten Indramayu telah berjalan sebagaimana mestinya dengan terdukungnya semua sistem mulai dari input, proses maupun output. Pemerintah Kabupaten Indramayu juga telah mendukung secara penuh mulai dari kebijakan sampai ke dana penunjang program tersebut sejak lama dan telah menjadi program prioritas di Kabupaten Indramayu ini. Angka cakupan kunjungan ibu dan anak ke Puskesmas di Kabupaten Indramayu sebesar 40.403 dan 55.460, ini sudah mecapai target yang diharapkan oleh pemerintah sebesar 90%. Semua program telah dijalankan dengan maksimal namun AKI dan AKA masih sangat tinggi yaitu 46 dan 354 kasus pada tahun 2013.
Program KIA telah dijalankan secara optimal di Puskesmas Kabupaten Indramayu namun hasilnya masih belum optimal karena angka kematian ibu dan angka kematian anak yang masih tergolong tinggi walaupun cakupan sasarannya telah memenuhi target.
Kata Kunci: Gambaran Peran Puskesmas, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *405 GAMBARAN PERAN PUSKUSMAS - ANGKA KEMATIAN IBU - ANGKA KEMATIAN ANAK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:39
Last Modified: 22 Jun 2022 06:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item
View Item