HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARINGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN FKIK UMY TINGKAT AKHIR.

SYAHRUDIN TAUFIQ TAHER (2014) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN JEJARINGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN FKIK UMY TINGKAT AKHIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Jejaring sosial merupakan salah satu media interaksi dan komunikasi melalui internet yang dapat mempengaruhi karakteristik seseorang. Selain itu, menggunakan jejaring sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan dukungan sosial terhadap berbagai keadaan yang dapat menimbulkan keadaan stres. Stres yang terjadi juga sering dialami mahasiswa yang telah memasuki masa akhir perkuliahan.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya hubungan antara intensitas penggunaan jejaring sosial dengan tingkat stres mahasiswa ilmu keperawatan FKIK UMY tingkat akhir.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian non-eksperimen dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian dikampus terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Subyek penelitian adalah mahasiswa ilmu keperawatan FKIK UMY tingkat akhir. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive Sampling berjumlah 98 orang. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi Kendal Tau.
Hasil Penelitian : Sebanyak 72 orang (73,5%) pada intensitas rendah, 25 orang (25,5%) pada intensitas sedang, intensitas tinggi berjumlah 1 orang (1%). 27 orang (27,6%) tidak mengalami stres, 25 orang (25,5%) stres ringan, stres sedang berjumlah 41 orang (41,8%), stres berat berjumlah 5 orang (5,1%). Hasil analisis Kendal Tau untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan jejaring sosial dengan tingkat stres diperoleh nilai p=0,749 dengan taraf kesalahan 5 %, artinya tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan jejaring sosial dengan tingkat stres mahasiswa ilmu keperawatan FKIK UMY tingkat akhir.
Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara intensitas penggunaan jejaring sosial dengan tingkat stres

Kata Kunci : Jejaring Sosial, Tingkat Stres, Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *406 JEJARINGAN SOSIAL - TINGKAT STRES - MAHASISWA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:21
Last Modified: 22 Jun 2022 07:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item
View Item