ANALISIS USAHA PETERNAKAN SAPI DI KELOMPOK TERNAK SAPI ANDINIREJO DUKUH BIBIS DESA BANGUNJIWO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

BAYU SUCIAMSAH (2014) ANALISIS USAHA PETERNAKAN SAPI DI KELOMPOK TERNAK SAPI ANDINIREJO DUKUH BIBIS DESA BANGUNJIWO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelompok Ternak Sapi Andini Rejo Dukuh Bibis Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Bantul. Penelitian bertujuan menganalisis penerimaan, pendapatan dan keuntungan usaha peternakan sapi yang dihitung selama satu tahun priode produksi atau pemeliharaan. Pengambilan sample di lakukan dengan metode random (acak) sebanyak 30 orang dari 52 populasi. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara wawancara dengan panduan kuesioner. Sedangkan data sekunder diambil dengan cara mengcopy atau menyalin data sesuai dengan kepentingan analisis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerimaan, pendapatan, dan keuntungan usaha peternakan sapi secara kolektif dari 30 orang peternak dengan jumlah sapi 66 ekor, yaitu betina 46, jantan 9, anakan 11 adalah Rp 227.690.500, Rp 104. 332. 364 dan Rp -41.769.124. Terlihat usaha peternakan sapi tersebut belum menguntungkan jika dianalisis secara perusahaan. Salah satu sebabnya karena biaya tenaga kerja pemeliharaan yang terlalu besar atau belum efisien sehingga kepada peternak disarankan untuk menambah jumlah ternak.
Kata kunci :analisis usaha ternak, analisis, Andini Rejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *23 ANALISIS USAHA TERNAK - ANALISIS - ANDINI REJO
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:54
Last Modified: 22 Jun 2022 05:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15008

Actions (login required)

View Item
View Item