PENGARUH THIDIAZURON DAN NAA TERHADAP MULTIPLIKASI TUNAS BIJI TANAMAN SARANG SEMUT (MYEMECODIA PENDENS) SECARA IN VITRO.

SUPRIYADI (2014) PENGARUH THIDIAZURON DAN NAA TERHADAP MULTIPLIKASI TUNAS BIJI TANAMAN SARANG SEMUT (MYEMECODIA PENDENS) SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*29 Tanaman sarang semut merupakan tanaman epifit yang tumbuh menempel di pohon inangnya, batangnya menggelembung dan di dalamnya banyak terdapat ruang atau rongga kecil yang dihuni semut. Teknik in vitro digunakan untuk mengkonservasi tanaman sarang semut dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan baku tanaman obat sarang semut tanpa mengancam kelestariannya di alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi Thidiazuron dan NAA terhadap induksi tunas sarang semut secara in vitro. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium, disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap(RAL) dengan satu faktor. Perlakuan yang diuji adalah kombinasi konsentrasi TDZ dan NAA yang terdiri 6 perlakuan yaitu : 0 mg/l TDZ + 0 mg/l NAA(T1), 0,5 mg/l TDZ + 0 mg/l NAA(T2), 1 mg/l TDZ + 0 mg/l NAA(T3), 0 mg/l TDZ + 0,1 mg/l NAA(T4), 0,5 mg/l TDZ + 0,1 mg/l NAA(T5), 1 mg/l TDZ + 0,1 mg/l NAA(T6). Masing-,masing perlakuan diulang 5 kali. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan sidik ragam dengan tingkat kesalahan 5% serta uji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range (DMRT) dengan tingkat kesalahan 5 % Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan 1 mg/l TDZ + 0,1 mg/l NAA merupakan perlakuan yang terbaik berdasarkan parameter Persentase Eksplan hidup (100%), Persentase eksplan Bertunas (100%) dan Jumlah tunas (2 buah). Kata Kunci : Thidiazuron, NAA dan Sarang Semut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *29 THIDIAZURON - NAA - SARANG SEMUT
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:09
Last Modified: 28 Dec 2021 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item
View Item