PENGARUH DEBET ALIRAN TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT SERTA WARNA PEKAT DARI LIMBAH CAIR BATIK MENGGUNAKAN BATU ZEALIT ALAM DAN ARANG AKTIF DARI LIMBAH INDUSTRI MEBEL KAYU JATI

RENDRI JULIAN RESTIAWAN (2014) PENGARUH DEBET ALIRAN TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT SERTA WARNA PEKAT DARI LIMBAH CAIR BATIK MENGGUNAKAN BATU ZEALIT ALAM DAN ARANG AKTIF DARI LIMBAH INDUSTRI MEBEL KAYU JATI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan peminat batik di tingkat nasional maupun internasional berpengaruh terhadap meningkatnya produksi batik dalam skala besar, terutama di kota budaya Yogyakarta. Industri batik merupakan industri yang menghasilkan limbah B3. Mengingat bahaya yang ditimbulkan, maka harus dinetralisir terlebih dahulu sebelum dibuang, salah satu caranya adalah dengan adsorbsi menggunakan arang aktif dan Zeolit. Di sisi lain, industri mebel juga menyisakan potongan–potongan kayu kecil yang dapat diolah menjadi arang aktif yang mampu menyerap logam berat yang terkandung di dalam limbah cair serta menjernihkan warnanya. Dengan demikian maka penelitian Kajian Ekperimental Pengaruh Debit Aliran terhadap Kandungan Logam Berat Dan Warna Limbah Cair Batik Menggunakan Batu Zeolit Alam dan Arang Aktif dari Limbah Industri Mebel Kayu Jati sangat penting dan mendesak untuk segera dilakukan.
Penelitian dilakukan menggunakan alat uji adsorbsi limbah cair batik aliran kontinu. Dimulai dari persiapan alat, pengadaan bahan, proses pengarangan dan pengaktifan arang dari kayu Jati dengan menggunakan H2SO4, persiapan Zeolit, dan proses treatment . Pengujian dilakukan dengan limbah industri batik ditampung dalam bak sedimentasi, selanjutnya dipompa dan dilewatkan seksi uji yang berisi Zeolit dan arang aktif. Setelah itu limbah industri batik hasil treatment akan diuji di laboratorium untuk mengetahui kandungan dari kadar logam berat.
Dalam penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kinerja alat uji adsorbsi limbah cair batik oleh Zeolit dan arang aktif dari limbah industri mebel Jati dengan metode aliran kontinu sudah cukup baik, khususnya dalam penyerapan kandungan logam berat Cadmium (Cd), Chromium (Cr) dan Timbal (Pb). Namun untuk mengatasi kepekatan warna, metode ini dirasa kurang cocok mengingat metode yang digunakan adalah aliran kontinu sehingga kurang mengoptimalkan kinerja dari adsorben dalam menyerap kepekatan warna.
Kata kunci: Limbah industri mebel, limbah industri batik, arang aktif, Zeolit, adsorbsi, limbah B3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LIMBAH INDUSTRI MEBEL -LIMBAH INDUSTRI BATIK - ARANG AKTIR - ZEOLIT ABSORBSI - LIMBAH B3
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:45
Last Modified: 21 Jun 2022 03:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15053

Actions (login required)

View Item
View Item