REPRESENTASI HERO KULIT GELAP AFRO-AMERIKA DALAM FILM THE TAKING OF PELHAM 123.

FAUZI NOVA MAULANA (2014) REPRESENTASI HERO KULIT GELAP AFRO-AMERIKA DALAM FILM THE TAKING OF PELHAM 123. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (26kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (79kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Media menunjukkan bahwa dunia perfilman didominasi oleh laki-laki kulit putih dalam tradisinya yang kuat dan berjiwa petualang. Kaum minoritas Afro-Amerika direpresentasikan sebagi kaum yang lebih rendah. Film Hollywood menempatkan sosok kulit putih sebagai Hero dan kulit hitam sebagai penjahat. rasisme di Amerika tidak lepas dari orang-orang Afro-Amerika yang menjadi warga negara Amerika. Film The Taking of Pelham 123 mencoba menghadirkan sosok kulit hitam sebagai Hero namun tidak terlepas dari peranan kulit putih.
Analisis Semiotika digunakan untuk membongkar tanda-tanda ideologi tertentu dalm media yaitu film. Dalam film The Taking of Pelham 123 terdapat ideologi yang diselipkan oleh sutradara sehingga dapat membentuk konstruksi sosial mengenai Heroisme Afro-Amerika sesuai dengan kepentingan pembuat film tersebut. Film ini menokohkan Garber sebagai seorang pahlawan dari kulit hitam yang tidak lepas dari bantuan kulit putih dan memiliki tindak kejahatan di masa lalu.
Heroisme kulit hitam Afro-Ameriaka dalam film The Taking of Pelham 123 menggambarkan sosok kepahlawanan sebagai seseorang yang dipimpin dan memimpin, kulit hitam digambarkan sebagai seorang pahlawan hanya menjadi perantara kepahlawanan kulit putih. Masyarakat Afro-Amerika memiliki konotasi ketangkasan dan stamina bukan sebagi kalangan akademis. Hal ini menunjukkan kulit hitam dan kelas sosialnya di bawah kulit putih. Kepahlawanan kulit hitam diperlihatkan dengan sosok lelaki yang bertanggung jawab, akan tetapi rasa tanggung jawab yang diberikan seorang kulit hitam untuk keluarganya dengan menggunakan cara yang salah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HEROISME - SEMIOTIKA - AFRO-AMERIKA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:42
Last Modified: 28 Dec 2021 02:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item
View Item