PENGARUH KEPUASAN KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAK PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

DEDDY NOVIE CITRA ARTA (2014) PENGARUH KEPUASAN KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI SERTA DAMPAK PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Karyawan merupakan aset penting perusahaan. Perusahaan tidak akan mampu untuk melakukan kegiatan usaha mereka, tanpa dukungan dari karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kompensasi terhadap motivasi, pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi, pengaruh kepuasan kompensasi terhadap kepuasan kerja, pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Sampel dalam penelitian sebanyak 120 orang, yang mengambil semua karyawan yang bekerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan teknis analisis data menggunakan Structural Equation Modeling untuk menguji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji outlier, uji goodness of fit model dan uji regresi. Hasil penelitian ini, yaitu kepuasan kompensasi memiliki pengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap motivasi sebesar 0,495, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap motivasi sebesar 0,343, kepuasan kompensasi memiliki pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja sebesar 0,270 atau tidak langsung melalui motivasi sebesar 0,265, lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kepuasan kerja sebesar 0,288 atau tidak langsung melalui motivasi sebesar 0,184 dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja sebesar 0,535. Berdasarkan hasil penelitian ini, manajemen PDAM perlu meningkatkan tingkat kompensasi karyawan, sehingga kebutuhan pokok karyawan terpenuhi dan akan meningkatkan motivasi karyawan dan kepuasan kerja karyawan pun akan meningkat. Namun, lingkungan kerja juga perlu diperhatikan, dalam rangka menciptakan suasana kerja yang nyaman dan harmonis dalam perusahaan.
Kata kunci :
Kepuasan Kerja, Kepuasan Kompensasi, Lingkungan Kerja,

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPUASAN KERJA - KEPUASAN KOMPENSASI - LINGKUNGAN KERJA - MOTIVASI
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 04:26
Last Modified: 28 Dec 2021 04:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15218

Actions (login required)

View Item
View Item