Siti Aniqoh Annisa (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 3 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul. Fokus prmasalahan yang dikaji peneliti adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MAN 3 Bantul. 2) Implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul. 3) Kendala dan cara mengatasi kendala dalam implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MAN 3 Bantul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Sebjek penelitian adalah tenaga pendidik dan peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan sampel. Pengecekan keabsahan datan menggunakan triangulasi dan persistent observation.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan program yang telah direncanakan dari pihak madrasah, baik itu kegiatan keagamaan harian, isidental, dan penerapan pada pembelajaran. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam kegiatan keagamaan adalah religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, gemar membaca, toleransi, peduli sosial, kerja keras, kebersamaan, dan toleransi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peserta didik melaluikegiatan keagaaan di MAN 3 Batnul adalah fasilitas kurang memadai, waktu terbatas, dan kemampuan menghafal peserta didik. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan membuat kloter untuk sholat berjamaah, memperluas bangunan mushola, dan mengadakan kegiatan BTAQ.
Dosen Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Azhar, M.A. | NIDN508086101 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:32 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |