ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENARUHI TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MUHAMMAD RIFQI MUSLIM (2014) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENARUHI TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk melihat sejauh mana hubungan antara tingkat pengangguran terbuka dengan laju pertumbuhan ekonomi, angkatan kerja, penelitian dan pengeluaran pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh langsung dari Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode data panel yaitu kombinasi 5 Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel laju pertumbuhan penduduk, angkatan kerja, pendidikan dan pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka. Sedangkan secara partial laju pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan pengeluaran pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan variabel angkatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kata kunci : ketenagakerjaan, pengangguran, laju pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pengeluaran pemerintah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KETENAGAKERJAAN - PENGAGURAN - LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI - PENDIDIKAN - PENGELUARAN PEMERINTAH
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:37
Last Modified: 20 Jun 2022 08:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15377

Actions (login required)

View Item
View Item