STRATEGI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN.

FITRIYAH ROHMATIN (2014) STRATEGI PENGAWASAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.rtf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengawas, pelaksanaannya dan hasil yang dicapai dalam meningkatkan kompetensi Profesional guru PAI di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian tesis ini adalah penelitian lapangan, obyek penelitiannya strategi pengawas dan kompetensi profesional guru PAI, subyeknya adalah pengawas yang berjumlah 5 orang, dan guru PAI SMP Negeri di Kabupaten Sleman berjumlah 54 orang. Penelitian ini menggunakan mixed methods (metode campuran). Strategi yang digunakan adalah strategi triangulasi konkuren, yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara konkuren (dalam satu waktu), Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. kemudian membandingkan dua database ini untuk mengetahui apakah ada konvergensi, perbedaan-perbedaan, atau beberapa kombinasi. Dalam strategi ini, mixing terjadi ketika peneliti pengambilan data sampai pada tahap interpretasi dan pembahasan.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan Agama Islam adalah secara individu dan kelompok, pelaksanaannya melalui kunjungan kelas, observasi kelas, wawancara atau diskusi, mengadakan pertemuan atau rapat, mengadakan atau mengikutsertakan pelatihan, workhshop maupun penataran. Berdasarkan hasil observasi, angket, wawancara, dokumentasi bahwa guru PAI 80% sudah menguasai materi dan mengembangkan lebih luas dan mendalam, 75% mengkaitkan materi dengan realitas dimasyarakat dan kehidupan sehari-hari, 70% menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan media yang menarik dalam pembelajaran, 50% menggunakan atau memanfaatkan TI dalam pembelajaran, 10% kemampuan membuat karya ilmiah atau penelitian tindakan kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pengawas dalam meningkatkan kompetensi Guru PAI yang berkaitan dengan proses pembelajaran sudah berhasil dengan baik, namun kaitannya dengan pembinaan dan pembimbingan pengembangan diri pengawas dan guru perlu ditingkatkan sehingga akan memperoleh hasil yang lebik maksimal.
Kata Kunci : Strategi Pengawas, Kompetensi profesional Guru PAI

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PROFESIONAL GURU - MENINGKATKAN KOMPETENSI - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:20
Last Modified: 28 Dec 2021 06:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item
View Item