STUDI TENTANG KOHESIVITAS MUSLIM PENGIKUT PANGESTU DI SALATIGA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAKWAH; RINGKASAN DISERTASI

SUCIATI (2013) STUDI TENTANG KOHESIVITAS MUSLIM PENGIKUT PANGESTU DI SALATIGA DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAKWAH; RINGKASAN DISERTASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.doc

Download (364kB)

Abstract

Kepemimpinan pendidikan adalah pengaruh seorang pemimpin pendidikan dalam mendidik anak dengan cara menggerakkan, mengarahkan, memotivasi, dan menyeimbangkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Penelitian “Kepemimpinan orangtua mendidik anak belajar dan berbicara unggah-ungguh basa dan Basa Semu”, mencakup masalah-masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana aktifitas kepemimpinan orangtua mendidik anak?, 2. Bagaimana kualitas kepemimpinan orangtua mendidik anak?, 3. Bagaimana keberhasilan kepemimpinan orangtua mendidik anak?, 4. Bagaimana tipe kepemimpinan orangtua mendidik anak?, 5. Hambatan-hambatan apa yang dihadapi orangtua dalam kepemimpinan mendidik anak?
Jumlah subyek penelitian sebanyak enam orang dengan menggunakan purposive sampling. Teknik wawancara tak terstruktur, digunakan untuk mengumpulkan data. Validitas alat pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi dengan pemeriksaan sumber data istri dan anak. Keabsahan data subyek terjadi bilamana ada dukungan data subyek dari data istri dan anak.
Analisis dan interpretasi data berpedoman pada kriteria: teori kepemimpinan, kualitas kepemimpinan, keberhasilan kepemimpinan dan tipe kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Kepemimpinan orangtua mendidik anak belajar dan berbicara unggah-ungguh basa dan Basa Semu, tidak aktif. 2. Kepemimpinan orangtua mendidik anak belajar dan berbicara unggah-ungguh basa dan Basa Semu, kurang berkualitas. 3. Kepemimpinan orangtua mendidik anak belajar dan berbicara unggah-ungguh basa dan Basa Semu, kurang berhasil. 4. Tipe kepemimpinan orangtua mendidik anak belajar dan berbicara unggah-ungguh basa dan Basa Semu, adalah permisif. 5. Beberapa hambatan kurang berhasilnya kepemimpinan orang tua mendidik anak: a) Subyek tidak mampu mengelola waktu, b) Subyek tidak mempunyai tujuan jelas dalam kepemimpinan mendidik anak, c) Basa Ngoko adalah bahasa komunikasi sehari-hari, d) Anak kurang peduli belajar dan berbicara unggah-ungguhing basa dan Basa Semu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEBATINAN DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM YUNAHAR ILYAS ALEF THERIA WASIM NOOR ROCHMAN HADJAM ABDULLAH MUNIR MULKAN SISWANTO MASHURI
Divisions: Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:16
Last Modified: 14 Jun 2022 07:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15443

Actions (login required)

View Item
View Item