KOMPARATIF BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN KLINIK TERHADAP TINGKAT CRITICAL THINKING PADA MAHASISWA PROFESI PSIK UMY DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN FKIK UMY DI YOGYAKARTA.

HERLIN RAMADHANI (2014) KOMPARATIF BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN KLINIK TERHADAP TINGKAT CRITICAL THINKING PADA MAHASISWA PROFESI PSIK UMY DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN FKIK UMY DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

*300 Berpikir kritis menjadi salah satu hal yang penting di dunia keperawatan karena keputusan perawat menentukan tindakan mana yang dilakukan, yang akhirnya mempengaruhi asuhan keperawatan dan kesehatan pasien. Seorang perawat yang tidak memiliki kemampuan berpikir kritis akan mengalami hambatan dalam proses keperawatan, ini diakibatkan karena semakin kompleksnya pengambilan keputusan klinis dalam pemberian pelayanan keperawatan untuk mengatasi masalah pasien dan akan terjadi resiko yang merugikan kondisi pasien jika seorang perawat melakukan kesalahan dalam membuat keputusan. Metode pembelajaran klinik adalah metode pembelajaran yang dilakukan para mahasiswa profesi ners PSIK UMY yaitu metode conference, metode bedside teaching dam metode casebased learning dimana menuntut mahasiwa keperawatan harus berpikir kritis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan ketiga metode pembelajaran klinik dengan tingkat critical thinking pada mahasiswa profesi PSIK UMY di Rumah Sakit Pendidikan FKIK UMY di Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan menggunakan desain komparatif.Teknik sampling yang digunakan adalah totality sampling.Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 54 mahasiswa profesi PSIK UMY di homebased Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2014 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta 1 & 2.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbandingan yang berarati antara metode pembelajaran klinik conference, bedside teaching dan casebased learning dengan critical thinking mahasiswa profesi PSIK UMY di Rumah Sakit Pendidikan FKIK UMY di Yogyakarta dengan nilai sig 0,12.
Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbandingan yang berarti antara metode pembelajaran klinik conference, bedside teaching dan casebased learning dengan critical thinking mahasiswa profesi PSIK UMY di Rumah Sakit Pendidikan FKIK UMY di Yogyakarta.

Kata kunci : critical thinking, metode pembelajaran klinik, mahasiswa profesi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *300 CRITICAL THINKING - METODE PEMBELAJARAN KLINIK - MAHASISWA PROFESI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:08
Last Modified: 14 Jun 2022 07:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item
View Item