REPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM FOTOGRAFI

HERLANGGA WIRANATA T. (2014) REPRESENTASI SENSUALITAS PEREMPUAN DALAM FOTOGRAFI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (47kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fotografi merupakan bidang yang cukup ramai diperbincangkan. Baik itu dari kaum professional ataupun masyarakat awam. Melalui hasil – hasil karya fotografi tersebut, fenomena penggunaan perempuan sebagai model fotografi pun tercipta, dan hal ini sudah terjadi dalam rentang waktu yang cukup lama. Penggunaan model perempuan terutama yang difokuskan kepada bagian tubuh ataupun yang lainnya dalam iklan – iklan, media cetak maupun acara televisi, ataupun ajang seperti pemilihan perempuan sejagad yang mempertontonkan keindahan tubuh perempuan. Studi ini berusaha menganalisis tentang representasi sensualitas dalam fotografi yang terdapat dalam buku Sensual Art of Photography karya Darwis Triadi. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk mengetahui bagaimana representasi sensualitas dalam fotografi. Perkembangan fotografi itu sendiri juga secara tidak langsung membawa perempuan ke jenjang yang lain, dengan menggunakan sensualitas, fotografer mencoba menggunakan perempuan untuk menarik penikmat karya fotografi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik Roland Barthes. Dimana semiotik Roland Barthes menekankan pada makna denotasi dan makna konotasi. Semiotik Roland Barthes digunakan peneliti untuk membedah tanda yang terdapat dalam buku Sensual Art of Photography.
Dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa dalam buku Sensual Art of Photography, sensualitas digambarkan dengan seperti bikini sebagai simbol sensualitas, bagian – bagian tubuh yang sensual, perempuan sebagai objek sensualitas, dan background yang menunjang sensualitas.

Kata kunci: Sensualitas, Fotografi dan Representasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SENSUALITAS FOTOGRAFI DAN REPRESENTASI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 09:23
Last Modified: 28 Dec 2021 09:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item
View Item