Strategi Promosi Jogja Bike dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Tahun 2019 Menggunakan Instagram

Reza Widya Pradani (2020) Strategi Promosi Jogja Bike dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Tahun 2019 Menggunakan Instagram. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Instagram di Indonesia sudah memiliki lebih dari 61.610.000 pengguna aktif hingga akhir November 2019. Sistem promosi dengan menggunakan media sosial dirasa lebih efektif meningkatkan penjualan. Diperlukan strategi promosi untuk menarik target pasar dalam hal meningkatkan brand awareness. Hal ini yang dilakukan oleh Jogja Bike sebagai start-up sewa sepeda wisata berbayar yang ada di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan promosi Jogja Bike di media sosial Instagram dalam membentuk brand awareness.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus jenis deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Yogyakarta. Sumber penelitian berasal dari hasil wawancara dari informan dan sumber dokumen. Penelitian ini menggunakan teori Kotler dan Susanto sebagai langkah dalam mengembangkan program komunikasi dan promosi merek.
Jogja Bike memfokuskan promosi pada Instagram karena dinilai Instagram lebih unggul dengan memiliki banyak fitur dibanding media sosial lainnya yaitu berupa: Follower dan Following, unggah foto atau video, Arroba, Hashtag, Geotagging,Instastory dan IG TV. Promosi Jogja Bike dalam meningkatkan kesadaran merek di Instagram dinilai cukup berhasil dengan adanya kenaikan engagement yang berupa penambahan jumlah pengikut. Pengaruh repost event pada akun Jogja Bike dengan memanfaatkan semua fitur Instagram seperti hashtag juga turut memperluas jangkauan audiens secara online agar lebih mengenal tentang brand Jogja Bike. Karakter pesan yang disampaikan melalui konten Instagram Jogja Bike bersifat informatif contohnya informasi tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi di Yogya dengan bersepeda, informasi letak shelterpit Jogja Bike diseluruh Jogja hingga kegiatan ataupun acara yang pernah dilakukan oleh Jogja Bike.

Kata Kunci : Strategi promosi, Instagram, Jogja Bike

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:45
Last Modified: 30 Oct 2021 07:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item
View Item