Anggun Sundari (2020) STUDENTS' PERCEPTION ON THE IMPLEMENTATION OF FLIPPED CLASSROOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menghadapi proses pembelajaran yang semakin maju, seorang guru juga harus mampu menggunakan atau memilih metode pembelajaran yang baru. Flipped classroom merupakan salah satu metode pembelajaran dengan cara yang berbeda yaitu memberikan materi di pra kelas (sebelum kelas) dan mempraktikkannya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan kesulitan penerapan flipped classroom berdasarkan persepsi siswa. Peneliti menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini dan menggunakan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima mahasiswa semester satu yang mengikuti mata kuliah penerapan model kelas terbalik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga manfaat penerapan flipped classroom dan lima kesulitan dalam penerapan flipped classroom. Manfaat penerapan flipped classroom adalah: memungkinkan fleksibilitas dalam belajar (waktu dan tempat serta mengakses materi), memfasilitasi diskusi, dan meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar. Kesulitan pelaksanaan flipped classroom adalah: kolaborasi yang tidak efektif, durasi materi video, kurangnya penjelasan dari dosen, masalah koneksi internet, dan penundaan.
Dosen Pembimbing: | IKA WAHYUNI LESTARI, M.HUM | NIDN0511068603 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:43 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |