IMPLEMENTASI BUDAYA JAWA SEBAGAI STRATEGI KOMUIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN BALE INAP TEMBI RUMAH BUDAYA

RETNANI ISKA NURTIARI (2014) IMPLEMENTASI BUDAYA JAWA SEBAGAI STRATEGI KOMUIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN BALE INAP TEMBI RUMAH BUDAYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Tembi Rumah Budaya adalah terusan dari Lembaga Studi Jawa yang
terletak di Jalan Parangtritis Km 8.4, Dusun Tembi, Yogyakarta. Pada awal
mulanya kegiatan Lembaga Studi Jawa berfokus pada dokumentasi dan
pengkajian Budaya Jawa. Produk awal Lembaga Studi Jawa adalah Ensiklopedi
Jawa yang disusun oleh sejumlah pakar Budaya Jawa. Produk berikutnya adalah
majalah dan jurnal serta buku-buku Budaya Jawa. Selain itu, lembaga juga
mementaskan kesenian tradisional (terutama yang langka). Kemudian Lembaga
ini berkembang menjadi sebuah hotel yang lebih dikenal dengan sebutan bale
11
inap Tembi Rumah Budaya. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti
implementasi Budaya Jawa sebagai strategi komunikasi bale inap Tembi Rumah
Budaya dalam meningkatkan tingkat hunian pada tahun 2010-2013.
Studi ini bertujuan untuk menggambarkan suatu kasus, dalam hal ini
adalah implementasi Budaya Jawa sebagai strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh bale inap Tembi Rumah Budaya yang bertujuan untuk
meningkatkan tingkat hunian, dengan teknik pengumpulan data menggunakan
studi kepustakaan dan juga wawancara. Untuk meningkatkan tingkat hunian
bale inap Tembi Rumah Budaya memilih menggunakan Budaya Jawa seperti
ornamen - ornamen pada bangunan hunian yang menggambarkan Budaya Jawa,
menu makanan yang disuguhkan berbasis Serat Centini, memiliki koleksi keris
pusaka peninggalan sejarah Budaya Jawa, mengumpulkan naskah-naskah kuno
sejarah budaya dan juga benda-benda antik/kuno yang melewati bagian dari
perjalan sejarah Budaya Jawa.. Dan yang terakhir adalah terbentuknya
komunitas-komunitas di bale inap TRB seperti komunitas musik, komunitas tari
dan komunitas film yang juga berbasis Budaya Jawa. Bale inap TRB juga
memanfaatkan lima elemen bauran promosi yaitu: periklanan, penjualan tatap
muka, promosi penjualan, public relations, dan pemasaran langsung. Dari
penggabungan berbagai strategi pemasaran maka bale inap TRB bisa
menaikkan penjualan kamar ditiap tahunnya.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Budaya Jawa, Tembi Rumah
Budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN, BUDAYA JAWA, TEMBI RUMAH BUDAYA.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:25
Last Modified: 14 Jun 2022 04:25
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15601

Actions (login required)

View Item
View Item