PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

NOVI KURNIA SARI (2014) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (339kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen. Selain itu skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peranan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Playen.
Subyek penelitian ini adalah Guru bimbingan dan konseling dan siswa-siswi kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen. Dengan mengambil sempel seluruh siswa-siswi kelas X OC SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan rumus statistik P=F/N x 100 %.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMK Muhammadiyah 1 Playen sudah berjalan cukup baik dan sesuai perencanaan. Guru bimbingan dan konseling telah melakasnakan tuganya untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa.(2) Kedisiplinan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Playen sudah bisa di kategorikan cukup baik, karena mayoritas siswa menaati peraturan yang ada. Akan tetapi memang masih ada sebagian siswa yang belum melaksanakan kedisiplinan dengan baik bahkan sampai ada yang dikeluarkan karena permasalahan kedisiplinan.(3) Guru memegang peran penting dalam pelaksanaan kedisiplinan siswa yaitu sudah melakukan tindakan preventif seperti, menasehati, memotivasi dan melakukan tindakan nyata seperti memberi hukuman-hukuman terhadap siswa yang bermasalah.

Kata kunci: kedisiplinan, bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEDISIPLINAN, BIMBINGAN DAN KONSELING.
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:38
Last Modified: 21 Jun 2022 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item
View Item