EVALUASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN AIR BERSIH TIRTA KENCANA OLEH BUMDES KARANGREJEK KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL TAHUN 2011-2012

ILKA SAPUTRA (2014) EVALUASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN AIR BERSIH TIRTA KENCANA OLEH BUMDES KARANGREJEK KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL TAHUN 2011-2012. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana keberhasilan Pengelolaan Air Bersih (PAB) Tirta Kencana (TK) oleh BUMDEes dalam mengatasi persoalan yang ada dimasyarakat. PAB TK oleh BUMDes salah satu solusi yang yang digagas oleh pemerintah Desa Karangrejek bersama dengan masyarakat untuk mampu memberikan titik terang atas persoalan yang ada. Oleh karena itu bagaimana Kebijakan PAB TK oleh BUMDes Karangrejek Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul dari Tahun 2011-2012.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Penulis menggambarkan logika analisis induktif dalam menganalisis data penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di BUMDEes Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta yang memiliki salah satu unitnya yaitu PAB TK. Desa Karangrejek merupakan desa yang mendapatkan penghargaan dari Mendagri Gamawan Fauzi sebagai juara dua lomba desa terbaik Se-Indonesia tahun 2012.
Hasil penelitian mengagambarkan bahwa hadirnya Kebijkan PAB TK ini oleh BUMDes Karangrejek dalam mengatasi persoalan Dasar Air Bersih dan Kesejahteraan Ekonomi masyarakat di desa Karangrejek relatif baik. Kontribusi PAB TK terhadapat Desa Karangrejek selama tahun 2011-2012 menunjukan hasil yang positif. Ini terlihat dengan baiknya pengeloala dalam memanajemen kerja karna setiap tahun anggaran pada PAB TK selalu mengalami kenaikan. Sementara itu secara statistik jumlah (Sambungan Rumah ) PAB TK ini selalu meningkat setiap tahun ini mengambarkan kehadiran PAB TK jelas menjawab persoalan yang ada. Di samping itu pada sektor pertanian dari tahun 2010-2011 memberikan peningkatan yang signifikan. Analisis evaluasi terhadap peningkatan yang selalu meningkat ini menunjukan hal yang fositif terhadap hadirnya PAB TK oleh BUMDes Karangrejek.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasanya hadirnya kebijakan PAB TK ini oleh BUMDes Karangrejek dalam mengatasi persoalan yang ada pada desa Karangrejek adalah baik. Keberadaan PAB TK oleh BUMDes Karangrejek merupakan jawaban dari permasalahan warga akan ketersedian air bersih. Pada sisi lain PAB TK karangrejek menjadi motor penggerak perekonomian desa karangrejek yang bersinergi dangan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.Saran-saran yang penulis berikan pada hasil penelitian ini adalah pengelola dapat menambah jumlah Hindrant Umum disetiap Padukuhan yang ada di Desa Karangrejek walaupun saat ini pengelola sudah memiliki dua Hidrant Umum untuk Rumah Tangga Miskin yang hanya tersebar pada padukuhan Karangsari dan Karangduwet 1. Disamping itu kita ketahui Desa Karangrejek merupakan lokasi strategis karna jalan utama menuju pantai Selatan Gunungkidul. Melalui BUMDes ini Desa Karangrejek bisa mengembangkan bisnis melalui medi promosi dan usaha khas Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:27
Last Modified: 20 Jun 2022 07:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item
View Item