Aswani Kartika Murti (2020) DEMOTIVATION CAUSES AND SOLUTIONS IN LEARNING ENGLISH: A STUDY IN ISLAMIC PRIVATE JUNIOR HIGH SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak
Demotivasi merupakan faktor yang menyebabkan hilangnya motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Demotivasi digambarkan sebagai penurunan motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh faktor pemicu. Demotivasi yang terjadi pada siswa disebabkan oleh beberapa faktor seperti guru, teman sekelas, fasilitas yang kurang memadai, ataupun karena faktor siswa itu sendiri. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dapat membantu mengurangi demotivasi dan membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman, peneliti menemukan bahwa demotivasi dalam pembelajaran bahasa Inggris terjadi pada siswa kelas IX di SMP Swasta Islam di Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menurunkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengatasi faktor-faktor tersebut. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara. Selanjutnya, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data. Temuan tersebut dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yaitu karakteristik guru, persepsi diri negatif, skor rendah dan kemampuan bahasa Inggris, serta sikap negatif teman sekelas. Pada kategori guru terdapat dua sub kelompok, yaitu penggunaan buku sebagai bahan ajar kurang dan penggunaan fasilitas sekolah kurang optimal. Peneliti juga mempelajari beberapa strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengatasi faktor demotivasi. Strategi ini adalah strategi mnemonik, kognisi, dan hubungan. Dalam strategi mnemonik, siswa mengandalkan memori dan pengalaman. Strategi kognitif bergantung pada pelatihan, pencatatan, pemahaman, analisis, dan penalaran siswa di kelas. Terakhir, strategi hubungan siswa memanfaatkan hubungan yang ada di lingkungan belajar untuk memperoleh lebih banyak informasi atau pengetahuan.
Dosen Pembimbing: | ARIFAH MARDININGRUM S.PD., M.A | NIDN0514048003 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:34 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |