STRATEGI LKM BMT TRANS NGUDI MAKMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TRANSMIGRASI LOKAL DI DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULONPROGO

CHANDRA SUKMA PUTRA PRATAMA (2015) STRATEGI LKM BMT TRANS NGUDI MAKMUR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TRANSMIGRASI LOKAL DI DESA KARANGSEWU KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Strategi LKM BMT Trans Ngudi Makmur Dalam Pemberdayaan Masyarakat Transmigrasi Lokal Di Desa Karangsewu Kecamatan Galur Kabupaten Kulonprogo. Chandra Sukma Putra Pratama ( skripsi dibimbing oleh Eni Istiyanti dan Indardi). Desa karangsewu merupakawan kawasan progam transmigrasi lokal Ring 1 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adanya progam transmigrasi lokal sebagai salah satu pembangunan yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat melalui lembaga keuangan mikro, yaitu LKM BMT Trans Ngudi Makmur. Dalam implementasinya lembaga keuangan LKM BMT Trans Ngudi Makmur tidak hanya berperan sebagai jasa permodalan tetapi mempunyai peran dalam pemberdayaan masyarakat untuk membawa masyarakat transmigrasi lokal kearah kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil LKM BMT Trans Ngudi Makmur, mendeskripsikan implementasi strategi LKM BMT Trans Ngudi Makmur dalam pemberdayaan masyarakat trasnmigrasi lokal dan mendeskripsikan pencapaian keberdayaan masyarakat transmigrasi lokal dengan adanya strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan LKM BMT Trans Ngudi Makmur. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karangsewu dari Juni sampai Agustus 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara secara langsung dan pengambilan responden secara purposive kepada masyarakat transmigrasi lokal dan pihak LKM BMT Trans Ngudi Makmur yang berjumlah masing-masingnya 5 responen. Dari hasil wawancara, data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan data yang sudah diperoleh melalui analisis yang mendalam dan selanjutnya dibentuk dalam bahasa yang runtut atau dalam bentuk naratif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa dengan adanya strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan LKM BMT Trans Ngudi Makmur kepada masyarakat transmigrasi lokal mampu mencapai tahapan keberdayaan melalui kegiatan refleksi kemiskinan, pemberdayaan sumber daya manusia, pemberdayaan aset keuangan dan aset sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigrasi lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, TRANSMIGRASI LOKAL, LKM BMT
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:27
Last Modified: 28 Dec 2021 07:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item
View Item